RUSTAM, SULFIANA (2025) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP FAKTOR PERSONAL DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN BENIH JAGUNG BISI DI KABUPATEN SOPPENG = INFLUENCE OF MARKETING MIX AND PERSONAL FACTORS ON PURCHASING DECISIONS FOR BISI CORN SEEDS IN SOPPENG DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48457/1.hassmallThumbnailVersion/P042212018-Cover.jpeg)

P042212018-Cover.jpeg
Download (337kB) | Preview
![[thumbnail of Bab1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
P042212018-Bab1-2(FILEminimizer).pdf
Download (643kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
P042212018-dp(FILEminimizer).pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
P042212018-full text(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
SULFIANA RUSTAM . Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Faktor Personal dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Benih Jagung Bisi di Kabupaten Soppeng (Dibimbing Oleh Rahim Darma and Hatta Jamil). Penelitian bauran pemasaran sangat penting karena membantu bisnis membuat strategi pemasaran yang lebih baik dan berdampak besar pada petani dengan meningkatkan daya saing dan keberlanjutan sektor pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh produk, harga, promosi dan distribusi terhadap Faktor personal, (2) produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian, (3) adanya hubungan peubah dengan produk, harga Promosi dan distribusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh petani di kabupaten Soppeng. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga merupakan faktor yang paling penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian, sementara distribusi memainkan peran penting dalam memastikan aksesibilitas. Faktor-faktor pribadi seperti pengalaman bertani dan pendapatan juga secara signifikan mempengaruhi keputusan, sementara promosi memiliki efek yang relatif lebih lemah. Kesimpulannya menyoroti bahwa perusahaan benih harus memprioritaskan kualitas produk, mengoptimalkan strategi penetapan harga, dan meningkatkan jaringan distribusi untuk meningkatkan tingkat adopsi dan penetrasi pasar. Studi ini merekomendasikan agar para pembuat kebijakan mendorong pengembangan strategi pemasaran yang tepat sasaran dengan mempertimbangkan konteks budaya dan ekonomi lokal untuk mendukung produktivitas pertanian yang berkelanjutan di daerah pedesaan.
Keyword : Pemasaran pertanian, Perilaku konsumen, Adopsi benih hibrida, Strategi penetapan harga, Jaringan distribusi
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agricultural marketing, Consumer behavior, Hybrid seed adoption, Pricing strategies, Distribution networks. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Agribisnis |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:17 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:17 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48457 |