PERTIWI, ANDI SYAFIRA SARI (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMANASAN GLOBAL BERBASIS SEKOLAH DI KEPULAUAN SPERMONDE = DEVELOPMENT OF SCHOOL-BASED GLOBAL WARMING MODULE IN SPERMONDE ISLANDS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48452/1.hassmallThumbnailVersion/P032222002-Cover.jpeg)

P032222002-Cover.jpeg
Download (353kB) | Preview
![[thumbnail of Bab1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
P032222002-Bab1-2(FILEminimizer).pdf
Download (372kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
P032222002-Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (153kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
P032222002-Full Text(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 17 March 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Pemanasan global merupakan fenomena peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, seperti karbon dioksida, metana, dan uap air. Dampaknya terhadap ekosistem, termasuk kenaikan permukaan air laut, perubahan pola cuaca, dan kerusakan lingkungan, menjadi tantangan signifikan, terutama bagi masyarakat di wilayah kepulauan seperti Kepulauan Spermonde, Sulawesi Selatan. Wilayah ini menghadapi ancaman seperti abrasi pantai, kerusakan terumbu karang, dan perubahan pola kehidupan masyarakat pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis sekolah yang dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya pelajar SMA, mengenai dampak pemanasan global. Metode penelitian menggunakan model Borg and Gall, yang mencakup tahapan seperti identifikasi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain oleh ahli, revisi berdasarkan masukan, uji coba skala kecil, hingga revisi akhir. Subjek penelitian adalah siswa SMA di dua pulau utama di Kepulauan Spermonde, yaitu Pulau Barrang Lompoa dan Pulau Kodingareng. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis statistik deskriptif untuk mengevaluasi efektivitas modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman awal siswa mengenai pemanasan global berada pada kategori rendah (53%), sedangkan persepsi tentang dampak pemanasan global sebagian besar berada dalam kategori cukup (54%). Setelah penggunaan modul, terjadi peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa, dengan rata-rata skor pemahaman meningkat hingga 77%. Selain itu, responden menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap isu lingkungan, termasuk peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian terumbu karang dan mengurangi pencemaran lingkungan. Modul berbasis sekolah efektif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat, terutama siswa SMA, tentang pemanasan global dan dampaknya. Modul ini tidak hanya relevan sebagai alat pembelajaran formal di sekolah, tetapi juga memiliki potensi untuk diterapkan dalam program sosialisasi lingkungan di masyarakat umum.
Keyword : Modul, Pemanasan Global, Lingkungan Hidup, Kepulauan Spermonde.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Module, Global Warming, Environment, Spermonde Islands. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Pengelolaan Lingkungan Hidup |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:04 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:04 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48452 |