Siniar Berbahasa Inggris dan Dampaknya terhadap Keterampilan Menyimak Mahasiswa Sarjana di ELSP Universitas Hasanuddin = English Podcasts and Its Effect on The Listening Skills of Undergraduate Students at ELSP Hasanuddin University


HIDAYAT, YUSRIL (2025) Siniar Berbahasa Inggris dan Dampaknya terhadap Keterampilan Menyimak Mahasiswa Sarjana di ELSP Universitas Hasanuddin = English Podcasts and Its Effect on The Listening Skills of Undergraduate Students at ELSP Hasanuddin University. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041201037-COVER.jpg

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041201037-Bab 1-2.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041201037-Dapus.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041201037-Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini mengeksplorasi dampak mendengarkan podcast berbahasa Inggris dalam meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa serta meneliti persepsi mereka terhadap podcast sebagai media pembelajaran. Studi ini berfokus pada mahasiswa semester pertama di Departemen Sastra Inggris Universitas Hasanuddin, dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai pengalaman, tantangan, dan peningkatan keterampilan menyimak yang mereka rasakan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, kuesioner, dan wawancara guna menganalisis keterlibatan mahasiswa dalam penggunaan podcast. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast merupakan alat yang efektif dan mudah diakses untuk meningkatkan keterampilan menyimak, dengan 80% peserta secara rutin mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Media sosial, khususnya TikTok dan Instagram, berperan penting dalam memperkenalkan mahasiswa pada konten podcast. Fitur interaktif seperti transkrip dan fungsi pemutaran ulang terbukti membantu pemahaman, di mana 60% mahasiswa memanfaatkannya untuk mengklarifikasi bagian yang sulit. Meskipun terdapat tantangan seperti koneksi internet yang tidak stabil dan kecepatan berbicara yang cepat, sebanyak 80% peserta menilai podcast sebagai alat yang efektif atau sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak mereka. Selain itu, mahasiswa melaporkan adanya peningkatan dalam kosakata, pelafalan, serta pemahaman terhadap berbagai aksen, sekaligus memperoleh wawasan lebih luas mengenai beragam topik budaya. Sebagai kesimpulan, podcast merupakan sumber belajar yang bernilai dalam pengembangan bahasa, karena menawarkan fleksibilitas, keterlibatan, serta peningkatan keterampilan berbahasa. Integrasi podcast dalam kegiatan pembelajaran yang terstruktur dapat semakin meningkatkan manfaatnya, menjadikannya alat yang praktis untuk meningkatkan pemahaman menyimak serta mendukung pemerolehan bahasa secara lebih komprehensif.

Keyword : siniar berbahasa Inggris; keterampilan menyimak; mahasiswa sarjana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: English podcasts; listening skills; undergraduate student.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:34
Last Modified: 15 Aug 2025 06:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48359

Actions (login required)

View Item
View Item