Pengaruh Permainan Daring Genshin Impact Terhadap Penguasaan Kosa Kata Mahasiswa = The Influence of Online Video Game Genshin Impact on College Students' Vocabulary Mastery


Ibrahim, Tasha Nurshafa (2025) Pengaruh Permainan Daring Genshin Impact Terhadap Penguasaan Kosa Kata Mahasiswa = The Influence of Online Video Game Genshin Impact on College Students' Vocabulary Mastery. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041191125-Cover.jpg

Download (893kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041191125-Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2027.

Download (543kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041191125-Dapus.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041191125-Bab 1-2.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 February 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Tasha Nurshafa Ibrahim, 2025, The Influence of Online Video Game Genshin Impact on College Students’ Vocabulary Mastery. (Supervised by Abidin and Sitti Sahraeny). Penelitian ini mengkaji pengaruh permainan video daring Genshin Impact terhadap penguasaan kosakata mahasiswa. Sebagai permainan peran secara daring dengan dialog berbahasa Inggris yang luas, lore, dan interaksi yang mendalam, Genshin Impact memberikan peluang bagi pemain untuk memperoleh kosakata baru melalui pembelajaran kontekstual. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan dari 32 mahasiswa melalui kuesioner terbuka dan wawancara dengan 10 peserta terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain Genshin Impact berkontribusi terhadap perolehan kosakata, terutama dalam pemahaman membaca dan penyerapan kata dalam konteks tertentu. Banyak peserta melaporkan peningkatan dalam mengenali kata-kata kompleks, terpapar istilah dalam dunia gim, serta meningkatnya keterlibatan mereka dengan media berbahasa Inggris. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun Genshin Impact membantu memperluas kosakata pasif, dampaknya terhadap kemampuan berbicara masih terbatas karena kurangnya praktik verbal langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gim daring seperti Genshin Impact dapat menjadi alat bantu tambahan dalam pembelajaran kosakata, terutama jika dikombinasikan dengan strategi belajar yang disengaja. Penelitian ini memberikan wawasan tentang peran hiburan digital dalam perolehan bahasa dan menyoroti potensi gamifikasi dalam pendekatan pendidikan modern. Kata kunci: Penguasaan kosakata, Genshin Impact, permainan video daring, pembelajaran bahasa, pembelajaran insidental, mahasiswa.

Keyword : Penguasaan kosakata, Genshin Impact, permainan video daring, pembelajaran bahasa, pembelajaran insidental, mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Vocabulary mastery, Genshin Impact, online video games, language learning, incidental learning, college students.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:33
Last Modified: 15 Aug 2025 06:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48357

Actions (login required)

View Item
View Item