DIGITALISASI MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PERIKANAN UMKM DI KECAMATAN BIRINGKANAYA = Digital Marketing in Increasing the Sales of Fishery MSME Products in Biringkanaya District


RAMADHAN, MUH. RIFKHI (2025) DIGITALISASI MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PERIKANAN UMKM DI KECAMATAN BIRINGKANAYA = Digital Marketing in Increasing the Sales of Fishery MSME Products in Biringkanaya District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041211029-Cover.png

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041211029-Bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041211029-Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041211029-Full Text(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2027.

Download (889kB)

Abstract (Abstrak)

Digitalisasi marketing menjadi solusi efektif dalam meningkatkan penjualan produk perikanan UMKM di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi digital marketing oleh UMKM, mengukur pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi implementasinya. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, penelitian ini melibatkan 11 pelaku UMKM dengan data yang dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82% UMKM telah memanfaatkan digital marketing, dengan peningkatan pendapatan signifikan hingga 860% pada beberapa pelaku usaha. Namun, tantangan seperti kurangnya pelatihan teknis dan infrastruktur internet masih menjadi hambatan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pelatihan berkelanjutan, pendampingan, dan peningkatan infrastruktur untuk mendukung transformasi digital UMKM. Penelitian ini memberikan kontribusi strategis dalam mendukung pengembangan digitalisasi marketing untuk meningkatkan daya saing UMKM sektor perikanan.

Keyword : digitalisasi marketing, UMKM, produk perikanan, pemasaran digital, Kecamatan Biringkanaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Digitalization marketing, SMEs, fishery products, online marketing, Biringkanaya District.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:37
Last Modified: 14 Aug 2025 01:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48306

Actions (login required)

View Item
View Item