NUR, FADHIL HASYIM (2025) Analisis Keuntungan Offline To Online (O2O) pada UMKM Empek-Empek di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar (Studi Kasus Empek-Empek Ikan Tenggiri) = Offline to Online (O2O) Profit Analysis of Empek-Empek UMKM in Tamalanrea District, Makassar City (Case Study of Mackerel Empek-Empek). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48303/1.hassmallThumbnailVersion/L041201042-bVA1mYToaWNDiBw5-20250319142457%20%281%29.jpg)

L041201042-bVA1mYToaWNDiBw5-20250319142457 (1).jpg
Download (49kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
L041201042-Bab 1-2 (1)(FILEminimizer).pdf
Download (904kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
L041201042-Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
L041201042-Full Text (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Pentingnya Penelitian ini di laksanakan untuk mengetahui strategi penjualan yang sedang trend agar dapat meningkatkan omset penjualan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keuntungan yang diperoleh dari penerapan strategi offline-to-online (O2O) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, dengan fokus pada produksi Empek-Empek Ikan Tenggiri, sebuah makanan tradisional yang populer. Metode Penelitian yang di gunakan yaitu Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data primer melalui survei dan wawancara yang dilakukan kepada pemilik UMKM dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi O2O memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan profitabilitas, jangkauan pasar, serta kepuasan pelanggan. Keuntungan bulanan rata-rata yang diperoleh dari penjualan mencapai Rp.24.189.088 dengan persentase kontribusi penjualan online lebih tinggi dibandingkan offline. Berdasarkan analisis regresi, variabel-variabel seperti pembangunan platform jaringan, pengalaman personalisasi, pelatihan personel, dan keamanan transaksi, secara simultan menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap penjualan. Rekomendasi bagi pemilik UMKM di daerah ini adalah agar lebih mengadopsi model O2O untuk meningkatkan daya saing dalam pasar yang semakin digital. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan e-commerce dan kewirausahaan digital di Indonesia, terutama dalam sektor pangan lokal.
Keyword : Keuntungan, Offline, Online, E-Commerce, Empek-Empek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profit, Offline, Online, E-Commerce, Empek-Empek. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:52 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:52 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48303 |