KADARUDDIN, KADARUDDIN (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA MEKONGGA BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) = DEVELOPMENT OF MEKONGGA LANGUAGE LEARNING MODEL BASED ON LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48287/1.hassmallThumbnailVersion/F013211003-fGJXEeHIY38rsyMB-20250311103454.jpg)

F013211003-fGJXEeHIY38rsyMB-20250311103454.jpg
Download (702kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
F013211003-35ZoyGgBMdRsevC9-20250311103454.pdf
Download (625kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
F013211003-F8KlU6k5r7YV32Ms-20250311103454.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
F013211003-4rpkeghU8Rm9OtXy-20250311103454.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.
Download (15MB)
Abstract (Abstrak)
Bahasa Mekongga di Indonesia merupakan bagian penting dari keragaman budaya negara ini, tetapi juga menghadapi risiko kepunahan seperti bahasa daerah lainnya. Penelitian bertujuan: 1) mengungkap persepsi penutur Bahasa Mekongga dalam upaya pemertahanan bahasanya; 2) menginvestigasi peran platform belajar berbasis LMS dalam melestarikan Bahasa Mekongga; dan 3) mengembangkan dan menganalisis efektifitas LMS yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Mekongga. Adapun metode penelitian yang digunakan, yakni: 1) deskriptif kuantitatif untuk mengungkapkan persepsi penutur Bahasa Mekongga dalam upaya pemertahanan bahasanya; 2) pendekatan kualitatif digunakan untuk menginvetigasi wawasan tentang peran platform belajar berbasis LMS dalam pelestarian Bahasa Mekongga; dan 3) Research and Development dengan mengadopsi model ADDIE untuk mengembangkan dan meganalisis efektifitas model pembelajaran berbasis LMS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sikap penutur Bahasa Mekongga terhadap pemertahanan bahasanya dilihat dari aspek kognisi, afeksi, dan konasi bagi golongan remaja dan dewasa berkategori baik dengan rata-rata (76,5); 2) penggunaan platform belajar berbasis LMS memiliki potensi besar untuk meningkatkan upaya pelestarian Bahasa Mekongga melalui perluasan aksesibilitas, penyediaan sumber daya yang kaya, mendorong interaksi langsung, dan melibatkan partisipasi komunitas; dan 3) penggunaan model analyze, design, development, implementation, and evaluation (ADDIE) dalam merancang Learning Management System (LMS) untuk pembelajaran Bahasa Mekongga berdampak positif terhadap efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa model ADDIE mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dalam LMS, khususnya untuk materi Bahasa Mekongga. Selain itu, penelitian ini memberikan panduan bagi pengembangan solusi teknologi yang berfokus pada pelestarian budaya dan peningkatan kualitas pembelajaran. Dalam era digital ini, LMS dapat berperan dalam menjaga warisan budaya melalui pendidikan yang inovatif dan efektif.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Mekongga, pelestarian bahasa, Learning Management System (LMS), kearifan lokal, globalisasi |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 05:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 05:28 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48287 |