PENGARUH LITERASI KEUANGAN DIGITAL PADA PENGGUNAAN BANK DIGITAL MELALUI PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI KEAMANAN = THE INFLUENCE OF DIGITAL FINANCIAL LITERACY ON THE USE BEHAVIOR OF DIGITAL BANK THROUGH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED OF EASE TO USE, AND PERCEIVED SECURITY


ZANARIA, SITI FADHILA (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DIGITAL PADA PENGGUNAAN BANK DIGITAL MELALUI PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI KEAMANAN = THE INFLUENCE OF DIGITAL FINANCIAL LITERACY ON THE USE BEHAVIOR OF DIGITAL BANK THROUGH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED OF EASE TO USE, AND PERCEIVED SECURITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062222017-TESIS-COVER.jpg

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062222017-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062222017-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062222017-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 30 June 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan teknologi keuangan digital di Indonesia, yang ditandai dengan meningkatnya penggunaan bank digital seperti Seabank.Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruhlitersi keuangan digital pada perilaku penggunaan bank digital Seabank melalui persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan. Objek penelitian ini adalah customer UMKM guzelbeautyhealt di platform Shopee yang terafiliasi dengan bank digital Seabank dengan jumlah sampel sebanyak 196 responden memakai purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer, metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Structural Equation Model (SEMPLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, literasi keuangan digital berpengaruh positif dan signifikan pada perilaku penggunaan bank digital Seabank. Kedua, persepsi kegunaan memediasi pengaruh literasi keuangan digital pada perilaku penggunaan bank digital Seabank. Ketiga, persepsi kemudahan tidak memediasi pengaruh literasi keuangan digital pada perilaku penggunaan bank digital Seabank. Keempat,persepsi keamanan tidak memediasi pengaruh literasi keuangan digital pada perilaku penggunaan bank digital Seabank.

Keyword : Literasi Keuangan Digital, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Perilaku Penggunaan Bank Digital

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Digital, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Perilaku Penggunaan Bank Digital.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:17
Last Modified: 30 Jul 2025 07:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48082

Actions (login required)

View Item
View Item