NIRWANA, NIRWANA (2025) Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Neta Studio Photography Masamba = Analysis Of Neta Studio Photography Masamba's Business Development Strategy. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47996/1.hassmallThumbnailVersion/A012232127-TESIS-COVER.jpg)

A012232127-TESIS-COVER.jpg
Download (983kB) | Preview
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232127-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232127-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232127-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Tren mengabadikan gambar dan mengunggahnya ke sosial media saat ini menciptakan peluang bisnis bagi industri fotografi, termasuk studio foto. Banyak orang tidak puas hanya dengan foto-foto spontan menggunakan smartphone, tetapi juga mencari hasil yang lebih profesional dan berkualitas tinggi dengan mengunjungi studio foto atau menggunakan jasa fotografer untuk mengabadikan momen penting. Meskipun bisnis studio foto memiliki potensi besar, industri ini juga menghadapi berbagai tantangan yang kompleks diantaranya persaingan yang ketat, perkembangan teknologi, perubahan preferensi konsumen, biaya operasional yang tinggi, kepuasan pelanggan, pemasaran dan branding, serta regulasi. Neta Studio Photography adalah salah satu pelaku industri fotografi yang berfokus pada penyediaan layanan fotografi professional di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Studio foto didirikan pada tahun 2023 dan terus menghadapi berbagai tantangan yang mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif agar tetap kompetitif. Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, berbagai strategi dan model bisnis menjadi pilihan alternatif untuk diterapkan. Salah satu alat analisis yang dapat digunakan dalam menghasilkan strategi bisnis adalah analisis SWOT dan Matriks QSPM. Adapun metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis SWOT, analisis IFE-EFE dan IE (Internal Eksternal), matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata tertimbang untuk IFE adalah 3,90, sedangkan untuk EFE adalah 2,50. Berdasarkan matriks IE, posisi perusahaan berada dalam kategori growth and build (tumbuh dan berkembang). Sementara itu, hasil matriks QSPM menunjukkan skor sebesar 5,90 yang mengindikasikan bahwa strategi prioritas yang harus diterapkan adalah meningkatkan promosi dan kolaborasi.
Keyword : Manajemen Strategik, Analisis SWOT, Matriks IFE-EFE, IE, Matriks QSPM
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategic Management, SWOT Analysis, IFE-EFE Matrix, IE, QSPM Matrix. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 06:03 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 06:03 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47996 |