AULIA, ANDI NURUL (2025) ANALISIS STRATEGI BISNIS MELALUI TRANSFORMASI DIGITAL PADA PT. BOGATAMA MARINUSA = BUSINESS STRATEGY ANALYSIS THROUGH DIGITAL TRANSFORMATION AT PT. BOGATAMA MARINUSA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47968/1.hassmallThumbnailVersion/A012232018-SKRIPSI-COVER.jpg)

A012232018-SKRIPSI-COVER.jpg
Download (232kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232018-SKRIPSI-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232018-SKRIPSI-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232018-SKRIPSI-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ANDI NURUL AULIA, Analisis Strategi Bisnis Melalui Transformasi Digital Pada PT. Bogatama Marinusa (dibimbing oleh Prof. Dr. Cepi Pahlevi, S.E., M.Si). Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi penerapan digitalisasi PT. Bogatama Marinusa (2) merumuskan strategi bisnis dengan menggunakan analisis IFAS dan EFAS berdasarkan penerapan digitalisasi pada PT. Bogatama Marinusa dan (3) menerapkan model Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) sebagai alat untuk mengevaluasi dan memprioritaskan alternatif strategi bisnis yang telah diidentifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Melalui penelitian hasil matriks SWOT pada perusahaan, dihasilkan 6 alternatif strategi, yaitu (1) Memperkuat pemasaran khususnya di pasar internasional melalui digital marketing untuk pengembangan pasar yang lebih luas; (2) Meningkatkan digitalisasi dan otomatisasi pada seluruh proses produksi dan operasional; (3)Meningkatkan keterampilan digital SDM dan memperkuat tim IT dengan merekrut atau bekerja sama dengan pihak profesional; (4) Mengembangkan inovasi produk dan jasa dengan digitalisasi untuk meningkatkan ekspor ke pasar global; (5) Mengoptimalkan digitalisasi pada tambak bundar untuk menjaga kestabilan pasokan bahan baku; (6) Membentuk tim khusus yang fokus pada research & development (R&D). Berdasarkan matriks QSPM, strategi alternatif meningkatkan digitalisasi dan otomatisasi pada seluruh proses produksi dan operasional menghasilkan nilai total daya tarik sebesar 5.956, yang berarti strategi tersebut merupakan strategi bisnis paling prioritas saat ini untuk meningkatkan daya saing pada PT. Bogatama Marinusa. Kata kunci: analisis strategi bisnis, digitalisasi, SWOT, QSPM.
Keyword : analisis strategi bisnis, digitalisasi, SWOT, QSPM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business strategy analysis, Digitalization, SWOT, QSPM. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:10 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:10 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47968 |