DJUFRI, FADILAH TRIANA (2024) Determinan Keputusan Pembelian Beras Merah (Studi Kasus di Pasar Pa’baeng-baeng, Kota Makassar) = Determinants of Red Rice Purchasing Decisions (Case Study at Pa’baeng-baeng Market, Makassar City). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47879/1.hassmallThumbnailVersion/G021201013_skripsi_10-07-2024%20cover1.png)

G021201013_skripsi_10-07-2024 cover1.png
Download (475kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201013_skripsi_10-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (786kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201013_skripsi_10-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (825kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201013_skripsi_10-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Beras merah merupakan bahan pangan pokok lain di Indonesia selain beras putih yang memiliki nilai kesehatan yang tinggi. Sebagian besar penduduk Indonesia telah terbiasa mengonsumsi beras putih, maka keputusan konsumen untuk beralih mengonsumsi beras merah tentunya tidak akan terjadi begitu saja. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pemikiran dan alasan dari masing-masing konsumen dalam keputusan pembelian beras merah. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian beras merah di pasar Pa’baeng-baeng, Kota Makassar. Metode. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis regresi logistik biner. Hasil. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa variabel selera konsumen, kualitas/mutu gizi, pengetahuan, budaya, usia, gaya hidup, motivasi dan faktor kesehatan yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian beras merah di pasar Pa’baeng-baeng. Kesimpulan. Pengujian secara parsial, dari 14 variabel independen yang di uji terdapat lima variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian beras merah yaitu selera konsumen, pengetahuan, budaya, usia dan motivasi. Kemudian terdapat tiga variabel yang berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian beras merah yaitu kualitas/mutu gizi, gaya hidup dan faktor kesehatan. Sementara terdapat empat variabel yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan yaitu pendapatan, harga, cita rasa dan pendidikan. Dan terdapat dua variabel yang berpengaruh positif namun tidak signifikan diantaranya ialah lingkungan dan jenis kelamin.
Keyword : Faktor, Beras Merah, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Factors, Red Rice, Purchasing Decisions. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:50 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47879 |