SIMULASI NUMERIK JARAK HORIZONTAL NOSEL INLET PADA SISTEM PENDINGIN MESIN BERBASIS DAYA DORONG PROPELLER = Application of CFD Simulation to Determine the Optimal Horizontal Position of the Nozzle Inlet of a Propeller Flow Cooling System


Jasman, Muh. Iqhsal Naitullah (2023) SIMULASI NUMERIK JARAK HORIZONTAL NOSEL INLET PADA SISTEM PENDINGIN MESIN BERBASIS DAYA DORONG PROPELLER = Application of CFD Simulation to Determine the Optimal Horizontal Position of the Nozzle Inlet of a Propeller Flow Cooling System. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091181010_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091181010_skripsi_28-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D091181010_skripsi_28-02-2024 Dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
D091181010_skripsi_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian tentang pemanfaatan aliran fluida yang disebabkan oleh propeller yang akan digunakan untuk pendinginan mesin merupakan topik penelitian ini. Sistem ini dikenal sebagai Propeller Flow Cooling System (PFCS). Penelitian ini melakukan simulasi dan analisis dengan nosel inlet elips sebagai pemanfaatan aliran buritan kapal untuk menentukan posisi nosel inlet yang paling optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan volume air yang dihasilkan dari beberapa posisi horizontal nosel inlet. Pada penelitian ini, simulasi jarak horizontal nosel inlet masuk ke propeller pada 0,7R bilah propeller mempunyai beberapa variasi yaitu 5 cm, 7,5 cm, 10 cm, 12,5 cm, dan 15 cm. Metode Computational Dynamic Fluid (CFD) diadopsi untuk menganalisis jarak horizontal optimal dari nosel inlet yang menghasilkan laju aliran air tertinggi. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa efek jarak horizontal nosel inlet pada propeller sangat mempengaruhi aliran air yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak horizontal optimal nosel inlet ke propeller adalah jarak 7,5 cm. Aliran air yang dihasilkan dalam simulasi komputasi, dalam hal ini adalah 12,39 L/min.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jarak Horizontal Nosel Inlet, Simulasi Komputasi, Sistem Pendingin Mesin, Propeller Flow Cooling System, Validasi Eksperimen
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 24 Jul 2025 06:23
Last Modified: 24 Jul 2025 06:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47842

Actions (login required)

View Item
View Item