Model Estimasi Program Aplikasi Perhitungan Tonase Kapal Tunda Metode Pengukuran Dalam Negeri = Estimation Model of Application Program for Tugboat Tonnage Calculation Using Domestic Measurement Methods


Manoy, Herlita (2023) Model Estimasi Program Aplikasi Perhitungan Tonase Kapal Tunda Metode Pengukuran Dalam Negeri = Estimation Model of Application Program for Tugboat Tonnage Calculation Using Domestic Measurement Methods. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191034_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191034_skripsi_28-02-2024 Bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191034_skripsi_28-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191034_skripsi_28-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 27 November 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Herlita Manoy, Model Estimasi Program Aplikasi Perhitungan Tonase Kapal Tunda Metode Pengukuran Dalam Negeri. Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. (Dibimbing oleh Dr. Ir. Syamsul Asri. MT. dan Moh. Rizal Firmansyah, ST.,MT.,M.Eng). Kapal tunda dengan ukuran panjang kurang dari 24 meter diukur dengan menggunakan metode pengukuran dalam negeri. Berdasarkan identifikasi data yang diperoleh terdapat beberapa kapal yang memiliki ukuran utama lebih kecil namun memiliki tonase yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran utama kapal yang lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ukuran utama dan bentuk kapal tunda dipengaruhi oleh perhitungan tonase kotor, membandingkan tonase kotor kapal tunda antara perhitungan real body dengan metode pengukuran dalam negeri, dan menentukan persamaan dalam menentukan nilai faktor bentuk lambung (Fv) berdasarkan ukuran utama untuk perhitungan tonase kotor. Pengambilan data dengan jumlah sampel kapal tunda sebanyak 20 unit kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapal tunda memiliki karakteristik lambung yang tinggi dan lebarnya akan bertambah jika panjang kapal bertambah, dengan laju pertambahan tinggi lebih besar dibandingkan laju pertambahan lebar. Tonase kotor antara hasil perhitungan metode pengukuran dalam negeri dengan hasil perhitungan real body tampak ada perbedaan dimana tonase kotor kapal yang menggunakan perhitungan real body lebih rendah dari pada metode pengukuran dalam negeri. Korelasi antara faktor volume lambung dengan volume non-dimensi (LBH') menunjukkan korelasi yang tinggi. Dengan persamaan linier, faktor volume lambung (Fv) dapat ditentukan dengan menggunakan fungsi Fv = 0.4203 + 88.607 (LBH')-1 . Model matematis volume tersebut akan dirancang dalam sebuah desain program menggunakan VBA (Visual Basic for Application). Oleh karena itu, hasil penelitian mencakup sistem informasi pada aplikasi ini hanya terbatas untuk kapal tunda dengan ukuran panjang kurang dari 24 meter.

Keyword : koefisien bentuk, tonase kotor, pengukuran kapal, kapal tunda, VBA (Visual Basic for Application).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: form coefficient, gross tonnage, ship measurement, tugboat, VBA (Visual Basic for Application).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:26
Last Modified: 21 Jul 2025 07:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47672

Actions (login required)

View Item
View Item