Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Intervening Variable Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus : Cafe Safehaus) = nalysis of the Effect of Service Quality and Priceon Customer Loyalty With Intervening Variable Customer Satisfaction (Case Study at Cafe Safehaus)


Mesak, Bobby Ariyanto (2024) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Intervening Variable Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus : Cafe Safehaus) = nalysis of the Effect of Service Quality and Priceon Customer Loyalty With Intervening Variable Customer Satisfaction (Case Study at Cafe Safehaus). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071191079_skripsi_22-02-2024 Cover1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071191079_skripsi_22-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D071191079_skripsi_22-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
D071191079_skripsi_22-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Cafe Safehaus merupakan salah satu coffe shop yang berada di Kota Makassar yang berdiri pada tahun 2022 yang menawarkan berbagai jenis menu sajian minuman dan makanan yang terdiri dari makanan berat hingga ringan dengan sajian khas lokal hingga western dengan kisaran harga mulai dari Rp20.000 - Rp39.000. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa customer, terdapat beberapa keluhan seperti harga dari menu yang ditawarkan masih lumayan tinggi dan kurang responsif terhadap komplain. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah tantangan bagi cafe safehaus untuk memperhatikan penentuan harga yang diberikan agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dengan intervening variable kepuasan pelanggan pada pelanggan cafe safehaus.

Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, dan variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dibandingkan dengan variabel harga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, PLS-SEM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 22 Jul 2025 00:44
Last Modified: 22 Jul 2025 00:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47668

Actions (login required)

View Item
View Item