DESAIN DAN BIAYA POKOK PRODUKSI PERAHU KATAMARAN FIBERGLASS TRAYEK PARANGLOE - LAKKANG = DESIGN AND COST OF PRODUCTION FOR FIBERGLASS CATAMARAN BOAT ON THE PARANGLOE - LAKKANG ROUTE


Rangan, Henry Kharisma (2023) DESAIN DAN BIAYA POKOK PRODUKSI PERAHU KATAMARAN FIBERGLASS TRAYEK PARANGLOE - LAKKANG = DESIGN AND COST OF PRODUCTION FOR FIBERGLASS CATAMARAN BOAT ON THE PARANGLOE - LAKKANG ROUTE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191095_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191095_skripsi_28-02-2024 bab1-2(FILEminimizer).pdf

Download (844kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191095_skripsi_28-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191095_skripsi_28-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 28 November 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pulau Lakkang merupakan pulau yang diapit oleh Sungai Tallo dan Sungai Pampang yang terletak di Kecamatan Tallo Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Akses keluar masuk pulau masyarakat menggunakan perahu Katamaran untuk memenuhi kebutuhan pergerakkan masyarakat. Menurut Syam (2022) Rentang nilai Required Freights Rates (RFR) perahu Katamaran yang beroperasi Trayek Parangloe – Lakkang dengan ukuran utama Panjang : 7,46 m; Lebar : 3,78; Tinggi : 0,82; Sarat : 0,49 m; Panjangdeck; 6,56 m; Lebardeck; 3,78 dengan kapasitas penumpang 12 orang dan motor 10 unit. Dalam pengoperasiannya perahu telah memenuhi dari segi pengoperasiannya, namun dari segi estetika, kenyamanan, dan keselamatan penumpang bukan menjadi prioritas. Oleh karena itu dilaksanakan analisis misi menggunakan Kuisioner terhadap penumpang dan pemilik perahu dan didapatkan kebutuhan akan peneduh, pagar, dan peralatan keselamatan besar. Selain itu terdapat biaya produksi perahu yang besar sehingga menyebabkan harga perahu mahal. Berdasarkan analisis misi sehingga dilakukan Re-desain dan didapatkan ukuran utama variasi desain 1 (Panjang : 7,46 m; Lebar : 0,8; Tinggi : 0,82; Sarat : 0,66 m; Panjangdeck; 6,56 m; Lebardeck; 3,78. Dengan Koefisien Blok 0,81; Koefisien Midship 0,85; Koefisien Garis Air 0,96; Koefisien Prismatik 0,95). Sedangkan ukuran utama Variasi desain 2 (Panjang : 7,46 m; Lebar : 0,8; Tinggi : 0,82; Sarat : 0,65 m; Panjangdeck; 6,56 m; Lebardeck; 3,78. Dengan Koefisien Blok 0,81; Koefisien Midship 0,85; Koefisien Garis Air 0,96; Koefisien Prismatik 0,95) Metode Penelitian berdasarkan analisis misi dan juga volume displacement. Volume displacement merujuk pada volume air total yang dipindahkan oleh lambung perahu Ketika mengapung dalam air. Namun terdapat penambahan komponen diatas perahu yang menyebabkan terdapat penambahan LWT perahu. Sehingga perhitungan berat perahu menggunakan parameter displacement. Berdasarkan desain tersebut maka dihasilkan 2 variasi desain dimana perbedaan antara 2 desain tersebut berdasarkan bahan material daripada platform perahu. Pada variasi desain 1 dengan menggunakan serat fiber dan papan sebagai bahan pembuat platform dihasilkan biaya perahu sebesar Rp. 44.747.530 dengan rincian 97% biaya material; 2% biaya tenaga kerja, 0,04% biaya overhead. Sedangkan pada Variasi desain 2 menggunakan Balok dan Papan sebagai bahan pembuat platform dihasilkan biaya perahu Rp 39.495.364 dengan rincian 97% biaya material; 3% biaya tenaga kerja; 0,05% biaya overhead.

Keyword : Volume displacement, Katamaran, Desain, Biaya Pokok Produksi, Fiberglass, Overhead.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Volume Displacement, Catamaran, Design, Cost of Production, Fiberglass, Overhead.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:04
Last Modified: 16 Jul 2025 01:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47503

Actions (login required)

View Item
View Item