TIKSON, SHINTA DEWI SUGIHARTI (2025) DAYA TARIK EMPLOYER BRANDING DIMENSIONS TERHADAP EMPLOYEE RETENTION DENGAN JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PERBANDINGAN GENERASI MILENIAL DAN Z DI INDONESIA) = ATTRACTIVENESS OF EMPLOYER BRANDING DIMENSIONS ON EMPLOYEE RETENTION WITH JOB SATISFACTION AS AN INTERVENING VARIABLE (COMPARATIVE STUDY OF MILLENNIAL AND Z GENERATION IN INDONESIA). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47342/1.hassmallThumbnailVersion/A033211006-DISERTASI-COVER.jpg)

A033211006-DISERTASI-COVER.jpg
Download (418kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A033211006-DISERTASI-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (608kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A033211006-DISERTASI-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A033211006-DISERTASI-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Daya Tarik Employer Branding Dimensions terhadap Employee Retention dengan Job Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi Perbandingan Generasi Milenial dan Z di Indonesia) Shinta Dewi Sugiharti Tikson Djabir Hamzah Ria Mardiana Yusuf Nurdjanah Hamid Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi employer branding terhadap employee retention, dengan job satisfaction sebagai variabel intervening, serta membandingkan generasi Milenial dan Z di Indonesia. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan Google Forms dengan metode random sampling, melibatkan responden dari kedua generasi. Analisis dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik instrumental attribute maupun symbolic attribute memiliki pengaruh signifikan terhadap job satisfaction, yang pada akhirnya berdampak pada employee retention. Temuan juga mengungkapkan perbedaan pola hubungan antar generasi, di mana generasi Z lebih dipengaruhi oleh symbolic attribute, sementara generasi Milenial lebih menghargai instrumental attribute. Studi ini memberikan kontribusi pada strategi employer branding yang lebih efektif untuk mempertahankan karyawan berdasarkan karakteristik generasi.
Keyword : employer branding, job satisfaction, employee retention, generasi milenial, generasi z
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Employer branding, job satisfaction, employee retention, millennials, generation z. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:41 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 01:41 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47342 |