Ridwan, Muh. (2017) APLIKASI AHP (ANALITICAL HIERARCHY PROCESS) DALAM IDENTIFIKASI BENTUK PROMOSI PRODUK INDUSTRI KECIL MAKANAN KHAS TRADISIONAL DANGKE DI KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Peternakan.
14.Muh.Ridwan_Aplikasi AHPpromosi dangke_SEMNASUH_2017.pdf
Download (170kB)
Abstract (Abstrak)
Lemahnya kemampuan industri kecil makanan khas tradisional dangke dalam mengakses informasi menyebabkan terbatasnya kemampuan memberikan informasi kepada konsumen, akibatnya produk dangke yang sebenarnya memiliki pangsa pasar yang cukup besar, belum banyak diketahui konsumen, sehingga perlu mengenalkan produk dangke tersebut melalui kegiatan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang mempengaruhi efektifitas promosi produk dangke di kabupaten Enrekang, serta mengidentifikasi bentuk kegiatan promosi yang paling efektif terhadap peningkatan pangsa pasar dan pendapatan industri kecil makanan khas tradisional berdasarkan faktor-faktor dominan yang ada. Analisis penelitian menggunakan model analisis penunjang keputusan AHP (Analitical Hierarchy Process). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penentu efektifitas dan keberhasilan promosi produk dangke di kabupaten Enrekang adalah: Intensitas dan frekuensi keikutsertaan, Lokasi dan cakupan kegiatan, Pemilihan media promosi yang tepat, Pesan yang persuasif, Biaya promosi, serta Informasi, teknologi dan kondisi pasar, sedangkan bentuk-bentuk promosi dalam pengembangan produk industri kecil dangke di kabupaten Enrekang adalah; Pameran, Iklan media massa, Sosialisasi dengan brosur dan spanduk, Temu usaha, serta Showroom dan sampel tester.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Depositing User: | - Andi Anna |
Date Deposited: | 25 May 2021 05:12 |
Last Modified: | 25 May 2021 05:12 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4722 |