AMALIA, INDAH (2025) PENGARUH PROGRAM DISKON, GRATIS ONGKIR, DAN CASHBACK TERHADAP FREKUENSI PEMBELIAN ULANG PELANGGAN SHOPEE : STUDI KUANTITATIF = THE EFFECT OF DISCOUNT, FREE SHIPPING, AND CASHBACK PROGRAMS ON REPURCHASE FREQUENCY OF SHOPEE CUSTOMERS : A QUANTITATIVE STUDY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47215/1.hassmallThumbnailVersion/A021211091-SKRIPSI-COVER.jpg)

A021211091-SKRIPSI-COVER.jpg
Download (266kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A021211091-SKRIPSI-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A021211091-SKRIPSI-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A021211091-SKRIPSI-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon, gratis ongkir, dan cashback terhadap frekuensi pembelian ulang di marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin angkatan 2021, 2022, dan 2023 yang aktif melakukan pembelian di Shopee. Teknik analisis yang digunakan meliputi regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi, dengan wawancara sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon (p = 0,293), gratis ongkir (p = 0,402), dan cashback (p = 0,321) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap pembelian ulang. Uji F juga menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan secara simultan (p = 0,443), dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,003 atau 0,3%. Temuan ini mengindikasikan bahwa ketiga variabel promosi tersebut hanya menjelaskan 0,3% variasi dalam keputusan pembelian ulang, sementara sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa promosi yang digunakan belum efektif dalam meningkatkan frekuensi pembelian ulang di kalangan responden.
Kata Kunci: Diskon, Gratis Ongkir, Cashback, Pembelian Ulang, Shopee.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discount, free shipping, cashback, repurchase, shopee. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 00:38 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 00:38 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47215 |