PENDEKATAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FINTECH CASHLESS DI KOTA AMBON: BERFOKUS PADA MODEL AIDA DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB) = AN APPROACH TO THE INTEREST IN USING CASHLESS FINTECH IN AMBON CITY: FOCUSING ON THE AIDA MODEL AND THE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)


SILOOY, MARISSA (2025) PENDEKATAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FINTECH CASHLESS DI KOTA AMBON: BERFOKUS PADA MODEL AIDA DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB) = AN APPROACH TO THE INTEREST IN USING CASHLESS FINTECH IN AMBON CITY: FOCUSING ON THE AIDA MODEL AND THE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A033211003-DISERTASI-COVER.jpg

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A033211003-DISERTASI-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A033211003-DISERTASI-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A033211003-DISERTASI-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini mengintegrasikan dua teori, yaitu Theory of Planned Behavior (TPB) dan model AIDA (Attention ,Interest, Desire, Action), untuk memahami minat menggunakan fintech non-tunai dan menilai dampak komunikasi pemasaran terhadap perilaku konsumen. Studi tersebut memasukkan budaya sebagai faktor yang diyakini mempengaruhi niat menggunakan fintech non-tunai. Untuk model AIDA, hanya variabel perhatian, minat, dan keinginan yang digunakan, tidak termasuk tindakan, karena penelitian ini berfokus pada minat konsumen dibandingkan keputusan menggunakan fintech non-tunai. Model konseptual dan hipotesis menggabungkan konstruksi utama dari kedua model untuk memprediksi niat perilaku. Penelitian kuantitatif ini melibatkan warga Kota Ambon dan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS), suatu teknik pemodelan persamaan struktural (SEM), untuk memperkirakan pengaruh simultan antar variabel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pertama, integrasi model AIDA dan TPB tidak menunjukkan AIDA sebagai stimulus untuk meningkatkan minat penggunaan fintech, dengan perhatian, minat, dan keinginan berdampak negatif terhadap niat berperilaku. Kedua, TPB melalui tiga konstruknya: sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan berhasil menjelaskan minat fintech, dan budaya terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap niat berperilaku.

Keyword : Model AIDA, Theory of Planned Behavior, Fintech Cashless, Perilaku Konsumen, Budaya

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model AIDA, Theory of Planned Behavior, Fintech Cashless, Perilaku Konsumen, Budaya.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:01
Last Modified: 17 Jul 2025 03:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47009

Actions (login required)

View Item
View Item