STRATEGI PENINGKATAN KINERJA MENTOR PADA LEMBAGA PELATIHAN BANTUTOR PUBLIC SPEAKING DI KABUPATEN PINRANG = STRATEGIES TO IMPROVE MENTOR PERFORMANCE AT PUBLIC SPEAKING BANTUTOR TRAINING INSTITUTIONS IN PINRANG REGENCY


AWALUDDIN, ADE SETIAWAN (2024) STRATEGI PENINGKATAN KINERJA MENTOR PADA LEMBAGA PELATIHAN BANTUTOR PUBLIC SPEAKING DI KABUPATEN PINRANG = STRATEGIES TO IMPROVE MENTOR PERFORMANCE AT PUBLIC SPEAKING BANTUTOR TRAINING INSTITUTIONS IN PINRANG REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012231032-TESIS-COVER.jpg

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012231032-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (464kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012231032-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012231032-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 2 June 2027.

Download (780kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK ADE SETIAWAN AWALUDDIN. Strategi Peningkatan Kinerja Mentor Pada Lembaga Pelatihan Bantutor Public Speaking Di Kabupaten Pinrang (dibimbing oleh Nurdin Brasit dan Fauziah Umar) Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi peningkatan kinerja mentor di Lembaga Pelatihan Bantutor Public Speaking di Kabupaten Pinrang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi lembaga. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas mentor dan budaya pelatihan yang inovatif merupakan kekuatan utama, sedangkan kelemahan meliputi sistem evaluasi kinerja dan komunikasi yang belum optimal. Strategi yang diusulkan mencakup pendidikan non-formal untuk meningkatkan keterampilan mentor, serta pengembangan proyek-proyek baru yang memanfaatkan keahlian mentor. Selain itu, penerapan teknologi seperti e-learning dan virtual reality (VR) direkomendasikan untuk meningkatkan efektivitas pelatihan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Bantutor dalam meningkatkan kinerja mentor melalui strategi yang tepat, sehingga memberikan nilai tambah bagi peserta dan lembaga secara keseluruhan.

Kata Kunci: kinerja mentor, analisis SWOT, pelatihan, pendidikan non-formal, teknologi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mentor performance, SWOT analysis, training, non-formal education, learning technology.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:29
Last Modified: 08 Jul 2025 06:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46665

Actions (login required)

View Item
View Item