PRASAMYA, SATRIA (2025) KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU SEBAGAI BAGIAN DARI SERVQUAL MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI NEW PLN MOBILE DI KOTA MAKASSAR = INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION AS PART OF SERVQUAL THROUGH THE USE OF NEW PLN MOBILE APPLICATION IN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/46613/1.hassmallThumbnailVersion/A012222010-TESIS-COVER.png)

A012222010-TESIS-COVER.png
Download (41kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A012222010-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A012222010-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A012222010-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2027.
Download (831kB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap minat penggunaan dan kualitas layanan (SERVQUAL) aplikasi New PLN Mobile di Kota Makassar. Selain itu, penelitian ini mengevaluasi hubungan antara minat penggunaan aplikasi dengan SERVQUAL. Terakhir, penelitian ini mengkaji peran minat penggunaan aplikasi sebagai mediator dalam hubungan antara komunikasi pemasaran terpadu dan SERVQUAL. Penelitian ini berfokus pada pemahaman bagaimana komunikasi pemasaran dan minat penggunaan aplikasi dapat meningkatkan persepsi kualitas layanan pelanggan. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan posisi variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara mereka. Sugiyono (2017) menyatakan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis yang telah dibuat sebelumnya. Penelitian ini akan menguji hipotesis untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel. Program SmartPLS 4 digunakan untuk melakukan analisis analisis jalur dalam penelitian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi pemasaran terpadu memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi dan kualitas layanan (SERVQUAL) aplikasi New PLN Mobile di Kota Makassar. Minat penggunaan aplikasi juga berperan signifikan dalam meningkatkan persepsi kualitas layanan, serta menjadi mediator yang efektif antara komunikasi pemasaran terpadu dan SERVQUAL. Temuan ini menunjukkan pentingnya strategi komunikasi yang konsisten dan relevan dalam mendorong keterlibatan pengguna dan meningkatkan pengalaman layanan pelanggan.
Keyword : Komunikasi Pemasaran Terpadu, Servqual, Aplikasi New PLN Mobile
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Management |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:00 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46613 |