Safira, Nabila (2023) SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AND TEACHERS’ PERCEPTIONS OF THE USE OF GOOGLE TRANSLATE AS A TRANSLATION TOOL IN THE LEARNING PROCESS = SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AND TEACHERS’ PERCEPTIONS OF THE USE OF GOOGLE TRANSLATE AS A TRANSLATION TOOL IN THE LEARNING PROCESS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of CoverBa]](/46589/1.hassmallThumbnailVersion/F041191151_skripsi_16-02-2024%20Cover1.jpg)

F041191151_skripsi_16-02-2024 Cover1.jpg
Download (250kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
F041191151_skripsi_16-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
F041191151_skripsi_16-02-2024 Dapus.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
F041191151_skripsi_16-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui persepsi siswa dan guru terhadap penggunaan Google Translate dalam pembelajaran. Untuk mencapai hal tersebut, penulis merumuskan dua pertanyaan: 1) apa persepsi siswa terhadap penggunaan Google Translate dalam proses pembelajaran? 2) apa persepsi guru terhadap penggunaan Google Translate dalam proses pembelajaran
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode campuran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk data kuantitatif dan wawancara untuk data kualitatif. Populasi yang berpantisipasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas 11 dan para guru dibeberapa sekolah menengah atas di Kabupaten Sinjai.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa baik siswa maupun guru memiliki pandangan yang positif tentang penggunaan Google Terjemahan dalam proses pembelajaran. Dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan oleh Google Terjemahan membuat siswa dan guru memiliki pandangan yang baik terhadap adanya Google Terjemahan, meskipun begitu terindentifikasi bahwa dikarenakan kemudahan yang ditawarkan oleh Google Terjemahan membuat para guru menjadi selektif dalam penggunaan Google Terjemahan dalam proses pembelajaran di kelas karena pada kenyataan nya kemudahan Google Terjemahan membuat siswa menjadi malas, terhambat dalam pengembangan kosa kata, dan keandalan terjemahan. Sehingga Guru menganjurkan pendekatan seimbang, mendorong penggunaan kamus manual bersama alat teknologi untuk pengalaman pembelajaran bahasa yang lebih komprehensif dan efektif. Selain itu, meskipun lokasi sekolah siswa dan guru
yang agak terpencil, mengakses dan menggunakan Google Translate ternyata tidak memiliki pengaruh yang berarti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Google Terjemahan, Pembelajaran Bahasa Inggris. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:20 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:20 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46589 |