Fajriani, Andi Iqfatul (2024) MODEL PREFERENSI PENGGUNAAN MODA TRANSPORTASI BAGI KOMUTER PEKERJA DI KABUPATEN BARRU TERHADAP RENCANA OPERASI KERETA API JALUR MAROS-BARRU = Preference Model for Use Of Transportation Mode For Commuter Workers in Barru Disrict On The Maros – Barru Train Operation Plan. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D012201002_tesis_22-02-2024 Cover1.jpg]](/46472/1.hassmallThumbnailVersion/D012201002_tesis_22-02-2024%20Cover1.jpg)

D012201002_tesis_22-02-2024 Cover1.jpg
Download (310kB) | Preview
![[thumbnail of D012201002_tesis_22-02-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012201002_tesis_22-02-2024 bab 1-2.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of D012201002_tesis_22-02-2024 Dapus.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012201002_tesis_22-02-2024 Dapus.pdf
Download (951kB)
![[thumbnail of D012201002_tesis_22-02-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012201002_tesis_22-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
ANDI IQFATUL FAJRIANI. Model Preferensi Penggunaan Moda Transportasi Bagi Komuter Pekerja Di Kabupaten Barru Terhadap rencana Operasi Kereta Api Jalur Maros - Barru (dibimbing oleh Prof. Ir. Sakti Adji Adisasmitha.,MS.,M.Eng.Sc.,Ph.D dan Prof. Dr. Eng.Ir. Muhammad Isran Ramli, ST.,MT.,IPM).
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model preferensi pemilihan moda transportasi untuk rencana operasi kereta api jaur Maros-Barru. Data yang dikumpulkan diperoleh dengan menyebar kuisioner kepada responden dan untuk mengetahui preferensi pemilihan moda transportasi menggunakan model multinomial logit dengan program STATA16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini 52% responden memilih sepeda motor, dan 47% responden memilih mobil pribadi. Ketika diberikan skema waktu saat kereta beroperasi, 44% responden masih memilih kendaraan pribadi, 20% sisanya memilih sepeda motor dan 31% memilih kereta api. Faktor yang mempengaruhi pemilihan moda kereta api adalah usia, pendidikan, pndapatan, pengeluaran, kenyamanan, waktu perjalanan, minimnya hambatan lalu lintas, dan minimnya polusi yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan Moda, Multinomial logit model, Probabilitas, Kereta Api |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 00:13 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46472 |