BADARUDDIN, ANDI AHMAD (2024) Peningkatan Kinerja Sistem Kendali Digital Motor Bldc Pada Kendaraan Listrik Dengan Minimum Switching=Improving the Performance of the Digital Control System of BLDC Motors in Electric Vehicles with Minimum Switching. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
![[thumbnail of cover]](/46329/1.hassmallThumbnailVersion/D032212004-cover.jpg)

D032212004-cover.jpg
Download (245kB) | Preview
![[thumbnail of bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D032212004-bab 1-2.pdf
Download (697kB)
![[thumbnail of dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D032212004-dp.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of full text]](/style/images/fileicons/text.png)
D032212004-.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Pengembangan kendaraan listrik yang semakin massif menjadi perhatian khusus dalam proses pengembangan jenis motor salah satunya adalah motor BLDC. Motor BLDC menjadi jenis motor yang banyak digunakan pada kendaraan listrik dikarenakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki seperti pengontrolan yang lebih mudah, torsi yang lebih kuat, ukuran yang lebih kecil dan menekan bunyi bising serta perawatan yang lebih mudah. Proses pengontrolan motor BLDC dapat dilakukan dengan menggunakan inverter 3 fasa dengan topologi 6 sakelar atau biasa disebut Six Switch Three Phase Inverter (SSTPI) dan 4 sakelar atau Four Switch Three Phase Inverter. Pada kedua inverter memiliki kelebihan masing-masing utamanya pada FSTPI yang lebih efisien secara ekonomis dikarenakan memiliki hanya 4 buat sakelar elektronik. Pada proses pengontrolan 4 sakelar mengalami beberapa kendala seperti kecepatan yang tidak melebihi 2000 Rpm sehingga dikembangkan komutasi yang lebih rinci dibandingkan penelitian sebelumnya hingga mencapai 6000 rpm, selain itu Overshoot yang berlebih, Steady State dan Rising Time. Dalam penanganan ini dilakukan pendekatan metode Proportional Integrate Derivative (PID) dan ditemukan nilai PID terbaik pada inverter 4 sakelar yaitu Pi = 4, Ki = 0,1 dan Kd (0,1). Selanjutnya adalah menangani permasalahan Riak torsi dan diberikan pendekatan DC link untuk menekan riak torsi hingga 33%. Dan ditemukan kontroler terbaik pada motor BLDC menggunakan minimun switching 4 sakelar dibandingkan penelitian sebelumnya
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BLDC motor, Inverter 4 Sakelar, Inverter 6 Sakelar, PID, DC link |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 00:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 00:32 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46329 |