Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Komunikasi Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar


Pane, Ratri Chaidir (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Komunikasi Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of E021201016_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg]
Preview
Image
E021201016_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of E021201016_skripsi_28-02-2024 bab1-2.pdf] Text
E021201016_skripsi_28-02-2024 bab1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of E021201016_skripsi_28-02-2024 Dapus.pdf] Text
E021201016_skripsi_28-02-2024 Dapus.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of E021201016_skripsi_28-02-2024.pdf] Text
E021201016_skripsi_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract (Abstrak)

komunikasi pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis kualitatif deskriptif, dengan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Maka digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.

Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi masyarakat pengguna layanan di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar terhadap kualitas komunikasi pelayanan publik telah berhasil dibangun dan menghasilkan persepsi yang positif hal ini dibuktikan dengan tanggapan yang diberikan informan terhadap kualitas komunikasi pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar selain itu dibuktikan pula dengan wawancara peneliti kepada Kasi TI dan Informasi Kantor Imigrasi Kelas I Makassar, Bapak Andi Rezka Putra Arupalaka yang memberikan informasi yang peneliti simpulkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Makassar terus berupaya melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas komunikasi pelayanan publik. Hal ini terjadi karena terjalinnya komunikasi interpersonal yang dibangun seperti pemilihan kata yang sopan, keramahan dalam pelayanan, staff dapat memahami dan mengerti kemauan pengguna layanan, seluruh sarana dan prasarana komunikasi serta informasi yang telah memadai serta hubungan yang terjalin baik antara staff dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 09 Jul 2025 00:32
Last Modified: 09 Jul 2025 00:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46170

Actions (login required)

View Item
View Item