PERENCANAAN SISTEM BIKE SHARING DI KAWASAN KOTA MAKASSAR DALAM MENDUKUNG KOTA BERKELANJUTAN = Planning Bike Sharing System in Makassar City Area in Support of Sustainable City


MUHSININ, ALFIANA (2024) PERENCANAAN SISTEM BIKE SHARING DI KAWASAN KOTA MAKASSAR DALAM MENDUKUNG KOTA BERKELANJUTAN = Planning Bike Sharing System in Makassar City Area in Support of Sustainable City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101191039_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D101191039_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (562kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101191039_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (590kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101191039_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 9 May 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Central Business District (CBD) yang terletak di Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar menjadi pusat kegiatan dan ditunjang oleh berbagai fungsi guna lahan tertentu. Hal tersebut menimbulkan tingginya pergerakan dan aktivitas masyarakat yang didominasi oleh kendaraan pribadi. Maka dari itu diperlukan upaya untuk mengurangi emisi gas buangan transportasi dengan cara menyediakan transportasi alternatif yang ramah lingkungan. Bike sharing merupakan sistem moda transportasi alternatif bagi individu untuk menempuh perjalanan jarak pendek. Pada sistem bike sharing sepeda akan ditempatkan secara strategis pada lokasi stasiun penyewaan dengan jarak yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki serta disediakan untuk penggunaan umum (Midgley, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karakteristik kawasan di Kecamatan Ujung Pandang terkait potensi penerapan bike sharing 2) mengetahui konektivitas antar guna lahan terkait jangkauan pelayanan bike sharing di Kecamatan Ujung Pandang, dan 3) menyusun arahan perencanaan bike sharing dalam mendukung kota berkelanjutan di Kecamatan Ujung Pandang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi lapangan dan telaah pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, network analysis dan analisis spasial untuk mengetahui karakteristik kawasan dan konektivitas antar guna lahan. Sedangkan, untuk arahan perencanaan sistem bike sharing menggunakan teknik analisis pendekatan perencanaan. Hasil penelitian ini berupa 1) karakteristik kawasan dengan indikator kepadatan penduduk, penggunaan lahan, aktivitas, dan ketersediaan lahan potensial untuk diterapkan sistem bike sharing namun tidak ditunjang dengan infrastruktur jalur sepeda yang memadai; 2) konektivitas antar guna lahan di Kecamatan Ujung Pandang berkisar antara 0,106 km-3,743 km yang artinya radius pelayanan bike sharing di Kecamatan Ujung Pandang yaitu kurang lebih 4 km; 3) arahan perencanaan difokuskan pada penyediaan jalur sepeda dengan perencanaan tipe jalur sepeda yaitu tipe a terproteksi di badan jalan dan tipe c di badan jalan serta beberapa jalan yang menggunakan lalu lintas campuran. Elemen-elemen bike sharing yaitu sistem bike sharing generasi ketiga berupa stasiun based dengan jenis stasiun modular dan model parkir docking spaces. Jumlah lokasi stasiun yang potensial yaitu 25 titik yang dapat dijangkau dengan jarak berjalan kaki 200-300 m.

Keyword : Bike Sharing, Pusat Kota, Kota Berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bike Sharing, Downtown, Sustainable City.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 08 Jul 2025 00:28
Last Modified: 08 Jul 2025 00:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46092

Actions (login required)

View Item
View Item