Nawawi, Hizbul Hadi (2023) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, PRODUCT DESTINATION DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI SAME RESORT PADA DAERAH TUJUAN WISATA PANTAI BIRA KABUPATEN BULUKUMBA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of A012212039_tesis_27-02-2024 Cover1.jpg]](/46048/1.hassmallThumbnailVersion/A012212039_tesis_27-02-2024%20Cover1.jpg)

A012212039_tesis_27-02-2024 Cover1.jpg
Download (313kB) | Preview
![[thumbnail of A012212039_tesis_27-02-2024 bab1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
A012212039_tesis_27-02-2024 bab1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of A012212039_tesis_27-02-2024 Dapus.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
A012212039_tesis_27-02-2024 Dapus.pdf
Download (603kB)
![[thumbnail of A012212039_tesis_27-02-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
A012212039_tesis_27-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Hizbul Hadi Nawawi, A012212039, Pengaruh Customer Relationship Management, Product Destination, dan Service Quality terhadap Kepuasan Wisatawan di Same Resort pada Daerah Tujuan Wisata Pantai Bira Kabupaten Bulukumba, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Hasanuddin. Pembimbing Utama: Prof. Dr. Hj. Indriyanti Sudirman, S.E., M.Si dan Pembimbing Pendamping: Prof. Dr. Abdul Razak Munir, S.E., M.Si., M.Mktg., C.MP.
Pendekatan CRM menganggap pelanggan sebagai inti dari bisnis dan keberhasilan perusahaan tergantung pada bagaimana mereka mengelola hubungan dengan pelanggan secara efektif. Kabupaten Bulukumba terkenal memiliki pantai-pantai yang indah dan terdapat banyak tempat wisata di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah CRM, Product Destination, dan Service Quality memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan pada Same Resort secara parsial dan simultan. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden, kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Relationship Management secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan, ditunjukkan dengan nilai t hitung 1.944 > nilai t tabel 1.660 dan nilai sig. 0.055. Product Destination secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan, ditunjukkan dengan nilai t hitung 2.851 > nilai t tabel 1.660, dan nilai sig. 0.005. Service Quality secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan, ditunjukkan dengan nilai t hitung 2.485 > nilai t tabel 1.660, dan nilai sig. 0.015. CRM, Product Destination, dan Service Quality secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan nilai F hitung sebesar 18.684 > nilai F Tabel 3.089, dan nilai sig. 0.000. Variabel bebas yang berpengaruh dominan adalah Product Destination dengan nilai coefficient beta standardized paling tinggi diantara variabel bebas lainnya yaitu 0.275. Dari uraian di atas dapat dijelaskan bahwa keseluruhan pelayanan pihak hotel dari ketiga variabel berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, sehingga menjaga dan meningkatkan pelayanan sangat disarankan agar wisatawan merasa puas dan akan melakukan kunjugan kembali.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:26 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46048 |