MA'RUB, AMAR (2024) Optimalisasi Waktu dan Biaya Pada Pemasangan Bow Thruster Kapal = Optimizing Time and Costs in Installing Ship Bow Thrusters. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45969/1.hassmallThumbnailVersion/D081201028_skripsi_12-07-2024%20cover1.png)

D081201028_skripsi_12-07-2024 cover1.png
Download (355kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D081201028_skripsi_12-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (567kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D081201028_skripsi_12-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (421kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D081201028_skripsi_12-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 6 April 2027.
Download (999kB)
Abstract (Abstrak)
Bow Thruster adalah sebuah pesawat bantu penggerak berupa baling-baling yang ditempatkan melintang di bagian lambung haluan kapal. Pesawat ini berguna untuk membantu mendorong haluan kapal ke arah kanan atau kiri sesuai dengan keinginan operator pada saat berolah gerak. Dalam pelaksanaan pemasangan Bow Thruster berbagai hal yang dapat menyebabkan bertambahnya durasi pengerjaan dan penyelesaian menjadi terlambat. Penyebab keterlambatan yang sering terjadi adalah akibat terjadinya perbedaan kondisi lokasi, perubahan desain, pengaruh cuaca, kurang terpenuhinya kebutuhan pekerja, material dan peralatan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan waktu dan biaya pelaksanaan pemasangan agar tidak mengalami keterlambatan dengan menggunakan metode crashing menambah jam kerja. Hubungan antara waktu dan biaya, jika durasi proyek pemasangan dipercepat membuat biaya langsung akan mengalami kenaikan, sedangkan biaya tidak langsung mengalami penurunan seiring dengan pengurangan durasi akibat percepatan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, opsi lembur 3 jam merupakan pilihan yang paling optimal dari segi waktu dan biaya. Total biaya keseluruhan pada kondisi tersebut menurun 2,14% dari Rp.60.050.100,- menjadi Rp.58.765.326,- ,sehingga dapat menghemat biaya sebesar Rp.1.284.773,-. Meskipun biaya langsung meningkat 7,03% dari Rp.40.261.100,- menjadi Rp.43.090.871,- atau selisih Rp.2.829.771,- , namun peningkatan tersebut dapat diimbangi oleh penurunan biaya tak langsung. Selain itu, pada kondisi lembur 3 jam, proses pemasangan dapat diselesaikan dalam 9 hari, 3 hari atau 25% lebih cepat dari durasi normal yaitu 12 hari. Dengan demikian, opsi lembur 3 jam per hari merupakan pilihan yang paling optimal karena dapat menghemat biaya total keseluruhan sebesar 2,14% atau Rp.1.284.773,- dengan durasi proyek yang lebih cepat 25% dari kondisi normal.
Keyword : Bow Thruster, Crashing, Microsoft Project, Percepatan, Waktu dan Biaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bow Thruster, Crashing, Microsoft Project, Acceleration, Time and Cost. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Kelautan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:40 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:40 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45969 |