Zuhair, Andi Zachran (2024) PASAR WISATA BUAH DI KOTA MALANG = Tourist Fruit Market in Malang City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45845/1.hassmallThumbnailVersion/D051191022_skripsi_04-04-2024%20cover1.png)

D051191022_skripsi_04-04-2024 cover1.png
Download (155kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D051191022_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (848kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D051191022_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D051191022_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Indonesia merupakan negara agraris dengan mayoritas penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian (Setyadi, 2021). Kota Malang, sebagai kota Agropolitan, memiliki berbagai tanaman hortikultura unggulan seperti rambutan, mangga, dan jeruk. Produksi buah-buahan terbesar termasuk rambutan, nangka, jeruk siam, pisang, dan pepaya (Badan Pusat Statistik, 2023). Buah-buahan ini dapat diolah menjadi produk makanan seperti keripik mangga, asinan rambutan, minuman jeruk, dan pudding pepaya. Kota Malang juga merupakan tujuan wisata yang populer, dengan jumlah wisatawan mencapai 13.555.201 pada 2022. Potensi agrowisata di Kota Malang meliputi petik jeruk, apel, kebun teh, bunga krisan, wisata strawberry, dan lainnya. Wisata belanja juga diminati, terutama oleh wisatawan yang mencari oleh-oleh makanan khas Kota Malang. Jenis metode pembahasan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu metode yang menggambarkan semua data arsitektural dan non-arsitektural. Dengan demikian, Pasar Wisata Buah di Kota Malang dengan konsep modern tropis berfungsi sebagai tempat pemasaran hasil produksi buah dan produk olahan buah, serta menyediakan berbagai kegiatan wisata seperti demo kuliner, pembuatan kerajinan tangan, expo kuliner, dan festival jajanan. Pembangunan Pasar Wisata Buah ini akan mewadahi pelaku agrobisnis dan wisatawan, serta menjadi daya tarik wisata belanja yang mendukung perekonomian lokal (Renstra Disbudpar Kota Malang, 2013).
Keyword : Pasar Wisata Buah, Malang, Metode Kualitatif Deskriptif, Modern Tropis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourist Fruit Market, Malang, Metode Kualitatif Deskriptif, Modern Tropis. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:06 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:06 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45845 |