LATIEF, MARYAM N. AZIZAH (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. VALE INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI KECAMATAN NUHA KABUPATEN LUWU TIMUR = EFFECTIVENESS OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PROGRAM OF PT. VALE INDONESIA IN DEVELOPING UMKM IN NUHA DISTRICT, LUWU TIMUR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45623/1.hassmallThumbnailVersion/E011211065_skripsi_08-10-2024%20cover1.png)

E011211065_skripsi_08-10-2024 cover1.png
Download (132kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E011211065_skripsi_08-10-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (376kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E011211065_skripsi_08-10-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E011211065_skripsi_08-10-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2027.
Download (931kB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Efektivitas Program Corporate Social Responsibility PT. Vale Indonesia Dalam Pengembangan UMKM Di Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Program Corporate Social Responsibility PT. Vale Indonesia Dalam Pengembangan UMKM Di Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur berdasarkan teori efektivitas program menurut Campbell J.P (1974) yaitu: Keberhasilan Program, Keberhasilan Sasaran, Kepuasan Terhadap Program, Tingkat Input Dan Output, dan Pencapaian Tujuan Program belum efektif karena masih terdapat kendala dalam pelaksanaan program pengembangan UMKM di Kecamatan Nuha. Pada indikator keberhasilan program, tidak semua pelaku UMKM yang menjadi binaan mengalami peningkatan. Kemudian pada indikator keberhasilan sasaran terdapat pelaku UMKM yang tidak serius dalam mengikuti seluruh rangkaian program. Indikator kepuasan terhadap program, pelaku UMKM belum merasa puas karena tidak terdapat bantuan dalam bentuk modal. Indikator tingkat Input dan Output dimana galeri kareso merupakan fasilitas yang diberikan oleh PT. Vale untuk memasarkan akan tetap pemasaran yang dilakukan kurang maksimal. Indikator pencapaian tujuan program, program pengembangan UMKM ini belum mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Efektivitas,Program,UMKM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Programs, Micro, Small and Medium Enterprises |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:21 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:21 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45623 |