Indriani, Dian (2024) Pengaruh Integrated Marketing Communicaion (IMC) Terhadap Keputusan Memilih Layanan Rumah Sakit Unversitas Hasanuddin. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45599/1.hassmallThumbnailVersion/E022211015_tesis_06-06-2024%20cover1.png)

E022211015_tesis_06-06-2024 cover1.png
Download (131kB) | Preview
![[thumbnail of Cover]](/45599/2.hassmallThumbnailVersion/E022211015_tesis_06-06-2024%20cover1.png)

E022211015_tesis_06-06-2024 cover1.png
Download (131kB) | Preview
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
E022211015_tesis_06-06-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
E022211015_tesis_06-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract (Abstrak)
DIAN INDRIANI. Pengaruh Integrated Marketing Communication dan Brand Image
terhadap Keputusan Memilih Layanan di Rumah Sakit Pendidikan Universitas
Hasanuddin (dibimbing oleh Muh. Akbar dan Arianto).
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) aktivitas integrated marketing
communication di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin; (2)
pengaruh integrated marketing communication terhadap keputusan memilih
layanan rawat jalan di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin; (3)
pengaruh brand image terhadap keputusan memilih layanan rawat jalan di Rumah
Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin;dan (4) pengaruh integrated marketing
communication dan brand image terhadap keputusan memilih layanan rawat jalan
di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin secara simultan. Penelitian ini
dilakukan dengan metode MMR (mix method research) atau metode campuran
kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner kepada 231 responden dan melakukan wawancara kepada informan
yang memegang peranan dalam komunikasi pemasaran di lokasi penelitian.
Teknik sampling pada metode kualitatif ialah purposive sampling, sedangkan
teknik sampling pada metode kuantitatif ialah accidental sampling. Data diolah
menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0 dan dianalisis menggunakan analisis
regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Pendidikan
Universitas Hasanuddin telah menerapkan enam elemen integrated marketing
communication yaitu: humas, online marketing, event and experience, sales
promotion, personal selling, dan word of mouth. Integrated marketing
communication dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan memilih layanan rawat jalan Rumah Sakit Pendidikan Universitas
Hasanuddin, baik secara parsial maupun simultan. Kemampuan pengaruh
integrated marketing communication dan brand image secara bersama-sama
(simultan) terhadap keputusan memilih sebesar 39,50%, sisanya 60,5%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diujikan dalam penelitian ini. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam pemahaman dan
pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif di Rumah Sakit Pendidikan
Universitas Hasanuddin.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | integrated marketing communication, brand image, keputusan memilih |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:26 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:26 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45599 |