Darise, Deby Sinta (2021) PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PERILAKU KEBIASAAN KONSUMSI JAJANAN PADA REMAJA DI KABUPATEN GORONTALO. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
K012181114_tesis1.png
Download (154kB) | Preview
K012181114_tesis 1-2.pdf
Download (1MB)
K012181114_tesis dp.pdf
Download (2MB)
K012181114_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Remaja sangat rentan terhadap pengaruh lingkungannya. Lingkungan sosial budaya yang tidak positif merupakan faktor risiko bagi remaja dalam perilaku tidak sehat. Kebiasaan jajan adalah bagian dari perilaku berbentuk tindakan. Kebiasaan konsumsi jajanan pada siswa di Gorontalo mencapai 78,4%. Tujuan penelitian untuk melihat pengaruh peer education terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan konsumsi jajanan pada remaja.
Penelitian quasi experiment dengan rancangan pre-test post-test kontrol grup design. Peneitian dilakukan pada 19 remaja di SMP N. 1 Limboto Barat dan 19 remaja SMP N. 1 Boliyohuto. Lama intervensi dua kali seminggu selama dua minggu. Analisis data menggunakan uji paired t-test dan independent t-test.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan karakteristik jenis kelamin (p=0,330), kelas (p=0,744), umur (p=0,148) dan uang jajan (p=0,461). Ada pengaruh peer education terhadap pengetahuan (p=0,001) dan sikap (p=0001). Berdasarkan perbedaan antara kelompok peer education dan leaflet, ada perbedaan selisi skor pengetahuan (p=0,001) dan sikap (p=0,001), tetapi tidak ada perbedaan selisi skor pada tindakan (p=0,805). Kesimpulan penelitian ini adalah metode peer education berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap terkait konsumsi jajanan. Saran peer education dapat dijadikan pendekatan oleh sekolah kepada siswa untuk mengurangi jumlah kebiasaan konsumsi jajan pada remaja.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 20 May 2021 00:13 |
Last Modified: | 20 May 2021 00:13 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4553 |