Yusuf, Mukarramah and Warni, Elly (2024) PENERAPAN TASK-BASED LEARNING DALAM GAME SEJARAH BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN MDA FRAMEWORK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D121201075_skripsi_29-07-2024 bab I-II.pdf
Download (949kB)
![[thumbnail of Cover]](/45475/2.hassmallThumbnailVersion/D121201075_skripsi_29-07-2024%20cover1.jpg)

D121201075_skripsi_29-07-2024 cover1.jpg
Download (251kB) | Preview
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
D121201075_skripsi_29-07-2024 dapus.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
D121201075_skripsi_29-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract (Abstrak)
Pembelajaran sejarah di Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam menarik minat generasi muda, yang sering kali menemukan materi pelajaran kaku dan tidak menarik. Hal ini memunculkan kebutuhan untuk mencari metode alternatif yang lebih interaktif dan menarik untuk generasi digital.
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Task-Based Learning (TBL) dalam game edukasi berbasis Android, dengan menggunakan MDA Framework (Mechanics, Dynamics, Aesthetics). Tujuan khususnya adalah untuk mengembangkan dan mengevaluasi game yang tidak hanya edukatif tetapi juga menarik dan memotivasi, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi sejarah mulai dari melemahnya Jepang sampai dengan Kemerdekaan Indonesia.
Metode yang digunakan melibatkan desain dan pengembangan game dengan integrasi Task-Based Learning dan MDA Framework. Proses ini meliputi analisis kebutuhan, desain game, pengembangan, dan pengujian yang menyeluruh. Pengujian dilakukan melalui pre-test, post-test, dan kuis untuk mengukur efektivitas pembelajaran, serta pengujian MDA, usability dan game flow untuk menilai keterlibatan pengguna.
Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam skor post-test dibandingkan dengan pre-test sebesar 13,62% dan rata-rata kuis sebesar 86,465 yang mengindikasikan efektivitas integrasi TBL dalam game dengan penerapan MDA Framework dalam meningkatkan pemahaman sejarah. Uji hipotesis menyatakan nilai p-value sebesar 0.00000291, yang berada jauh di bawah ambang batas alpha 0.05, menegaskan perbedaan signifikan pada rata-rata pre-test dan post-test. Evaluasi lebih lanjut melalui pengujian MDA, usability, dan game flow memberikan skor rata-rata masing-masing 3.809, 3.81, dan 3.89, menandakan bahwa game ini tidak hanya efektif tetapi juga menarik dan memuaskan bagi pengguna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Task-Based Learning, MDA Framework, game edukasi, pembelajaran sejarah, android |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 06:35 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 06:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45475 |