Muthia, Alma (2024) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN AGAMA RI DALAM MENDISEMINASIKAN PROGRAM MODERASI BERAGAMA TERHADAP PENINGKATAN INDEKS KERUKUNAN UMAT BERAGAMA 2020-2024. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222026_tesis_01-08-2024 bab I-II.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Cover]](/45070/2.hassmallThumbnailVersion/E022222026_tesis_01-08-2024%20cover1.jpg)

E022222026_tesis_01-08-2024 cover1.jpg
Download (337kB) | Preview
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222026_tesis_01-08-2024 dapus.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222026_tesis_01-08-2024.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ALMA MUTHIA, Analisis Strategi Komunikasi Kementerian Agama RI dalam Mendiseminasikan Program Moderasi Beragama terhadap Peningkatan Indeks Kerukunan Umat Beragama 2020-2024 (dibimbing oleh Moeh. Iqbal Sultan dan Dasad Latif).
Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) moderasi beragama dianggap penting oleh pemerintah Indonesia, (2) strategi komunikasi Kementerian Agama dalam mendiseminasikan program moderasi beragama terhadap peningkatan indeks kerukunanan umat beragama 2020-2024. dan (3) penerapan strateg komunikasi Kementerian Agama RI dalam mendiseminasikan program moderasi terhadap peningkatan indeks kerukunanan umat beragama 2020 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualiau dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ditentukan melalui teknik penyampelan purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moderasi beragama dianggap sangat penting oleh pemerintah Indonesia di tengah masyarakat yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan agama agar masyarakat dapat hidup damai. Berdampingan dengan segala perbedaan dan dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan tenang: (2) strategi komunikasi yang digunakan oleh Kementerian Agama bersifat komprehensif, fleksibel, dan inovatif dalam mendiseminasikan program moderasi beragama Strategi multi-channel yang digunakan kementerian agama untuk menjangkau masyarakat secara luas; dan (3) mekanisme komunikasi yang diterapkan kementerian agama dalam mencapai masyarakat luas ada tiga, komunikasi formal, komunikasi informal, dan komunikasi massa. Kementerian Agama juga menunjukkan pendekatan yang inovatif dalam strategi komunikasi program moderasi beragama dengan memanfaatkan media dan teknologi informasi Strategi komunikasi yang digunakan oleh Kementerian Agama berdampak positif pada peningkatan indeks kerukunan umat beragama di Indonesia dari tahun ke tahun.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diseminasi, Moderasi Beragama, Kementerian Agama RI, Strategi Komunikasi, Indeks Kerukunan Umat Beragama 2020-2024 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 28 May 2025 01:24 |
Last Modified: | 28 May 2025 01:24 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45070 |