MODEL BISNIS DALAM PENGEMBANGAN KELOMPOK USAHA KUE KARASA DI KECAMATAN CEMPA KABUPATEN PINRANG = BUSINESS MODEL IN THE DEVELOPMENT OF A KARASA CAKE BUSINESS GROUP IN CEMPA DISTRIT, PINRANG REGENCY


Hasana, Uswatun (2024) MODEL BISNIS DALAM PENGEMBANGAN KELOMPOK USAHA KUE KARASA DI KECAMATAN CEMPA KABUPATEN PINRANG = BUSINESS MODEL IN THE DEVELOPMENT OF A KARASA CAKE BUSINESS GROUP IN CEMPA DISTRIT, PINRANG REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191054_skripsi_17-07-2024 cover1.png

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191054_skripsi_17-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (607kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191054_skripsi_17-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191054_skripsi_17-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2027.

Download (927kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Kelompok usaha Gemilang adalah kelompok usaha rumah tangga yang memproduksi kue karasa di Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang. Namun dari dulu hingga kini, inovasi penjualan kue karasa tidak banyak mengalami perubahan, hal ini dianggap dikarenakan strategi penerapan model bisnis yang masih minim dan dibutuhkan perubahan dalam model bisnis lama mengikuti trend masa kini. Tujuan. Penelitian ini adalah mengetahui model bisnis terkini yang dijalankan oleh kelompok usaha Gemilang Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang. Prosedur pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam bersama pelaku usaha maupun konsumen. Metode. Analisa data yang digunakan adalah pendekatan Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen yang perlu diperbaiki ataupun ditambahkan adalah key partners, key activities, value propositions, customer relationship, customer segments, key resource, dan channels. Saran model bisnis yang bisa dilakukan antara lain, bekerja sama dengan pabrik penggiling tepung dan toko cetak label kemasan (key partners), pelaksanaan workshop dan rapat rutin yang lebih sering untuk membahas strategi pemasaran (key activities), kemasan memuat informasi produk dan dianggap mudah ditemukan konsumen (value prepositions), menambah program loyalitas pelanggan bagi pelanggan yang sering membeli produk (customer relationship), menarget wisatawan lokal maupun asing (customer segments), menerapkan layanan platform media sosial dan ecommerce, serta team marketing (key resource), dan mendistribusi produk diluar wilayah Pinrang dan memanfaatkan ecommerce (channels).

Keyword : Business model canvas, kelompok usaha, kue karasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Business model canvas, business group, karasa cake.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:40
Last Modified: 06 Mar 2025 01:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44961

Actions (login required)

View Item
View Item