PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN PATIENT SATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI RSUD LABUANG BAJI PROV SUL-SEL DAN RUMAH SAKIT GRESTELINA MAKASSAR TAHUN 2022


Zulkifli, Desy Filda (2025) PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN PATIENT SATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI RSUD LABUANG BAJI PROV SUL-SEL DAN RUMAH SAKIT GRESTELINA MAKASSAR TAHUN 2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of K022201020_tesis_17-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
K022201020_tesis_17-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of K022201020_tesis_17-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
K022201020_tesis_17-10-2024 cover1.jpg

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of K022201020_tesis_17-10-2024 dp.pdf] Text
K022201020_tesis_17-10-2024 dp.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of K022201020_tesis_17-10-2024.pdf] Text
K022201020_tesis_17-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Desy Filda Zulkifli. “Pengaruh Perceived Value Dan Patient Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Di RSUD Labuang Baji Prov SUL-SEL Dan Rumah Sakit Grestelina Makassar Tahun 2022. (Dibimbing oleh Fridawaty Rivai dan M. Alimin Maidin)
Loyalitas pasien adalah suatu pandangan yang mendalam tentang komitmen pembelian ulang yang lebih baik dari suatu produk atau jasa secara konsisten pada masa yang akan datang. perceived value adalah penilaian keseluruhan konsumen tentang kegunaan produk atau layanan berdasarkan persepsi tentang apa yang diterima dan apa yang diberikan. Dan kepuasan pasien adalah ekspektasi atau konsep harapan layanan yang dimaksudkan untuk mengukur harapan normatif pelanggan, dan ekspektasi ini mewakili "standar ideal" dari kinerja.
Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study dengan menyebarkan kuesioner pada pasien di RSUD Labuang Baji sebanyak 268 dan di RS Grestelina sebanyak 270 pasien. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling dari setiap rumah sakit. dan dianalisis menggunakan uji Chi-square dan path analysis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Perceived Value berpengaruh terhadap Customer Loyalty (p=0,001), Perceived Value berpengaruh terhadap Patient Satisfaction (p=0,001), perceived value tidak memiliki pengaruh besar terhadap customer loyalty melalui patient satisfaction. Adapun diagram jalur antara perceived value terhadap customer loyalty karena koefisien jalur langsung lebih besar dari koefisien jalur tidak langsung yaitu 0,267> 0,076. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa Perceived Value dan Patient Satisfaction masih rendah sehingga akan mempengaruhi keterikatan dan berdampak pada customer loyalty yang rendah. Disarankan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan Perceived Value dan Patient Satisfaction, dengan melakukan pembenahan dari segala sektor mulai dari atasan dan bawahan maupun sesama rekan kerja, memberikan pelayanan yang baik sehingga menciptakn loyalitas pada pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 26 May 2025 06:25
Last Modified: 26 May 2025 06:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44917

Actions (login required)

View Item
View Item