Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Lagu-lagu Berbahasa Inggris di Komunitas Bahasa Inggris (Al Markaz untuk Studi Pencerahan Kudi)


Arya A., Muh.yusril (2025) Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Lagu-lagu Berbahasa Inggris di Komunitas Bahasa Inggris (Al Markaz untuk Studi Pencerahan Kudi). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of F041201085_skripsi_17-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
F041201085_skripsi_17-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of F041201085_skripsi_17-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
F041201085_skripsi_17-10-2024 cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of F041201085_skripsi_17-10-2024 dp.pdf] Text
F041201085_skripsi_17-10-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of F041201085_skripsi_17-10-2024.pdf] Text
F041201085_skripsi_17-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam penelitian ini, peneliti meneliti untuk mengetahui bagaimana Komunitas Bahasa Inggris Al Markaz untuk Studi Pencerahan Khudi menanggapi lagu-lagu berbahasa Inggris dengan berpikir kritis dan apa yang responden pikirkan tentang lagu-lagu berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran di Komunitas Bahasa Inggris Al Markaz untuk Studi Pencerahan Khudi. Peneliti menggunakan metode observasi, desain tes dengan 6 pertanyaan dalam 10 lagu berbahasa Inggris, dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data, tes esai keterampilan berpikir kritis diberikan kepada peserta setelah mereka mendengarkan audio lagu tersebut. Hasil penelitian menunjukkan analisis lagu-lagu berbahasa Inggris berfungsi sebagai media yang ampuh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis jika diterapkan dengan bijaksana. Melalui analisis lirik, peserta terlibat dalam eksplorasi makna dan konteks sosial yang lebih dalam, sehingga menumbuhkan pemahaman yang lebih kaya terhadap materi tersebut. Mengevaluasi kualitas artistik dan mendiskusikan interpretasi pribadi lebih jauh mempertajam kemampuan berpikir logis dan argumentatif mereka. Studi yang dilakukan di Komunitas Al Markaz untuk Studi Pencerahan Khudi Makassar menggarisbawahi dampak positif penggunaan lagu-lagu berbahasa Inggris terhadap motivasi belajar dan pemahaman konten. Namun, penting untuk memilih lagu yang tepat, terutama untuk pemula, karena tidak semua lirik cocok untuk tujuan ini. Lagu-lagu dengan kosakata sederhana dan tema yang bermakna direkomendasikan untuk memaksimalkan efektivitas pendekatan pendidikan ini. Dengan pemilihan dan panduan yang cermat, lagu- lagu berbahasa Inggris memang dapat menjadi alat yang dinamis untuk mempromosikan keterampilan berpikir kritis di kalangan pelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 22 May 2025 00:56
Last Modified: 22 May 2025 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44881

Actions (login required)

View Item
View Item