Strategi Penguatan Modal Sosial dalam Pengembangan Pemasaran Kopi di Kelurahan Bontolerung Keccamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa = STRATEGY FOR STRENGTHENING SOCIAL CAPITAL IN DEVELOPING COFFEE MARKETING IN BONTOLERUNG VILLAGE, TINGGIMONCONG DISTRICT, GOWA DISTRICT


ASRIANDI, ASRIANDI (2024) Strategi Penguatan Modal Sosial dalam Pengembangan Pemasaran Kopi di Kelurahan Bontolerung Keccamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa = STRATEGY FOR STRENGTHENING SOCIAL CAPITAL IN DEVELOPING COFFEE MARKETING IN BONTOLERUNG VILLAGE, TINGGIMONCONG DISTRICT, GOWA DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181362_skripsi_14-06-2024 cover1.png

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181362_skripsi_14-06-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (653kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181362_skripsi_14-06-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (529kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181362_skripsi_14-06-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kopi merupakan komoditi perkebunan yang menjadi salah satu primadona ekspor Indonesia di sektor pertanian. Badan Pusat Statistik, mencatat volume ekspor kopi mencapai 379,35 ribu ton pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam kondisi modal sosial. Kemudian merumuskan strategi penguatan terhadap unsur modal sosial yang lemah dalam pengembangan pemasaran kopi di Kelurahan Bontolerung. Menggunakan pendekatan studi kasus, dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui proses wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi modal sosial terjalin dengan baik antar sesama petani, petani dengan pemerintah setempat juga petani dengan pengepul. Dan cenderung lemah pada unsur kepercayaan dan resiprocity antara petani dengan kelompok tani dan petani dengan penyuluh. Selain itu, nilai kejujuran yang dianut oleh masyarakat juga mulai melemah. Berdasarkan kondisi modal sosial tersebut, selanjutnya dirumuskan strategi penguatan modal sosial yang lemah menggunakan analisis SWOT.

Keyword : Kopi, Modal Sosial, Pemasaran, Strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Coffe; Social Capital; Marketing; Strategy.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 22 May 2025 00:48
Last Modified: 22 May 2025 00:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44876

Actions (login required)

View Item
View Item