Tahir, Muhammad (2025) PANDANGAN GENERASI ALPHA TERHADAP PAPPASENG TORIOLO: STUDI PADA SISWA SMP NEGERI 2 WATAMPONE DAN SMP NEGERI 1 AWANGPONE KABUPATEN BONE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of F012221003_tesis_17-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
F012221003_tesis_17-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of F012221003_tesis_17-10-2024 cover1.jpg]](/44858/2.hassmallThumbnailVersion/F012221003_tesis_17-10-2024%20cover1.jpg)

F012221003_tesis_17-10-2024 cover1.jpg
Download (234kB) | Preview
![[thumbnail of F012221003_tesis_17-10-2024 DP.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
F012221003_tesis_17-10-2024 DP.pdf
Download (657kB)
![[thumbnail of F012221003_tesis_17-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
F012221003_tesis_17-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
MUHAMMAD TAHIR. Pandangan Generasi Alpha terhadap Pappaseng Toriolo: Studi pada Siswa SMP Negeri 2 Watampone dan SMP Negeri 1 Awangpone Kabupaten Bone (dibimbing oleh Muhlis Hadrawi dan Andi Muhammad Akhmar)
Pappaseng merupakan sastra Bugis berbentuk tradisi lisan yang berkembang di dalam masyarakat Sulawesi Selatan. Sebagai teks sastra pappaseng mengandung amanat dan pesan bijaksana sebagai literasi penyampai nilai moral dan etika. Nilai-nilai kearifan dan kebajikan sebagai warisan dapat dikomunikasikan kepada generasi sekarang agar tidak tidak tergerser oleh modernisasi budaya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai edukatif yang dapat diketahui oleh generasi alpha (siswa SMP) di Kabupaten Bone (2) bagaimana sikap siswa (generasi alpha) terhadap Pappaseng Toriolo di Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Variabel penelitian nilai edukatif pappaseng toriolo dihimpun menggunakan teknik intervieuw dan teknik kuesioner. Analisis data menggunakan skala Guttman dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa generasi alpha era digital di wilayah kota, maupun di desa mengenai pembelajaran bahasa Bugis aspek pappaseng menunjukkan adanya pelemahan literasi terhadap generasi muda. Hal itu disebabkan oleh kurangnya minat, partisipasi, dan dukungan dari berbagai pihak, serta keterbatasan akses, pemahaman dan kemampuan siswa. Adapun temuan penelitian adalah: 1) nilai-nilai edukasi dalam pappaseng terutama Pappaseng Kajao Ladiddong yakni mencakup nilai solidaritas (siwolompolong), gotong-royong (sibaliperi), disiplin (matanang), kemandirian (tonrang), dan peduli sosial (mamase); dan 2) tingkat pemahaman generasi alpha terhadap pappaseng toriolo tergolong baik pada sekolah SMP Negeri 2 Watampone, namun siswa SMP Negeri 1 Awangpone menunjukkan sikap dan kemampuan literasi yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Linguistik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 16 May 2025 06:58 |
Last Modified: | 16 May 2025 06:58 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44858 |