Efektivitas Metode Teams Game Tournament Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab di SDIT Muslim Cendikia Makassar. = Effectiveness of MethodTeam Game Tournament Towards Increasing Motivation to Learn Arabic at SDIT Muslim Cendikia Makassar


Islami, A. Fahrul (2024) Efektivitas Metode Teams Game Tournament Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab di SDIT Muslim Cendikia Makassar. = Effectiveness of MethodTeam Game Tournament Towards Increasing Motivation to Learn Arabic at SDIT Muslim Cendikia Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031181003_skripsi_16-10-2024 cover1.jpg

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1-2] Text (BAB 1-2)
F031181003_skripsi_16-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAPUS] Text (DAPUS)
F031181003_skripsi_16-10-2024 dp.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
F031181003_skripsi_16-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

A.FAHRUL ISLAMI. Efektivitas Metode Teams Game Tournament Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab di SDIT Muslim Cendikia Makassar. Dibimbing oleh Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I. dan Dr. Andi Agussalim, S.s., M.Hum.

Pembelajaran Bahasa arab adalah proses memperoleh keterampilan berbahasa arab, baik dalam hal membaca, menulis, mendengarkan, maupun berbicara. Menyadari pentingnya mata pelajaran Bahasa arab untuk diajarkan di tingkat Sekolah Dasar, maka seorang pengajar dituntut untuk melakukan perbaikan dalam cara menyajikan dan menyampaikan mata pelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SDIT Muslim Cendikia Makassar,guru mata pelajaran menggunakan metode membaca dan murid mendengarkan atau guru berceramah satu arah yang tidak interaktif, yang berakibat pada peserta didik yang kurang fokus dan kurang bersemangat dalam memperhatikan pembelajaran yang berlangsung. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap pelajaran Bahasa Arab di SDIT Muslim Cendikia Makassar dengan menggunakan Teams Games Tournament sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam mendiskusikan materi Pelajaran dan membahas soal-soal dengan kompetensi antar kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Teams games Tournament terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab di SDIT Muslim Cendikia Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan model One Group Pretest-Posttest Design untuk mendapatkan hasil pengukuran antar variabel dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Berdasarkan dari output SPSS, terlihat bahwa Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0.001. Karena nilai 0.001 lebih kecil dari 0.05, maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil sebelum penerapan dengan sesudah penerapan sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh antara penerapan metode teams game tournament terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa arab. Perbedaan rata-rata mengalami kenaikan, tidak ada selisih negatif. Maka, pengaruhnya bersifat positif, artinya seluruh siswa mengalami peningkatan motivasi belajar dilihat dari nilai sebelum dan setelah penerapan metode teams game tournament. Terdapat pengaruh antara penerapan metode teams game tournament terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa arab sehingga metode Teams GameTournament dianggap efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa arab di SDIT Muslim Cendikia Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Motivasi, Metode Teams Games Tournament
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 04 Jun 2025 05:13
Last Modified: 04 Jun 2025 05:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44771

Actions (login required)

View Item
View Item