PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI PATIENT SAFETY UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PASIEN DAN KELUARGA DALAM MENDUKUNG WHO GLOBAL PATIENT SAFETY ACTION PLAN 2030


Handayani, Handayani (2025) PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI PATIENT SAFETY UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PASIEN DAN KELUARGA DALAM MENDUKUNG WHO GLOBAL PATIENT SAFETY ACTION PLAN 2030. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of R012231009_tesis_22-01-2025 cover1.jpg]
Preview
Image
R012231009_tesis_22-01-2025 cover1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of R012231009_tesis_22-01-2025 bab 1-2.pdf] Text
R012231009_tesis_22-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of R012231009_tesis_22-01-2025 dp.pdf] Text
R012231009_tesis_22-01-2025 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of R012231009_tesis_22-01-2025.pdf] Text
R012231009_tesis_22-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Keselamatan pasien merupakan isu global yang kritis, dengan jutaan pasien di seluruh dunia mengalami bahaya akibat kesalahan perawatan kesehatan setiap tahunnya. Melibatan pasien dan keluarga dalam praktik keselamatan telah diakui sebagai strategi unggulan untuk mengurangi insiden. Tujuan: Mengembangkan video edukasi untuk meningkatkan keterlibatan pasien dan keluarga berdasarkan enam sasaran keselamatan pasien dengan menggunakan bahasa lokal Bugis dan Makassar serta mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan pengetahuan. Metode: Video edukasi menggunakan model Analysis Desain Development Implementation and Evaluation (ADDIE) dengan mempertimbangkan kebutuhan pasien, saran ahli melalui metode delphi, literatur review dan uji validitas. Desain quasi-eksperimental pre-post-test, 102 partisipan dibagi ke dalam tiga kelompok: video bahasa Bugis, Makassar, dan buku panduan bahasa Indonesia. Data dikumpulkan dari Juli hingga September 2024 dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk efektivitas dalam kelompok dan uji Kruskal-Wallis untuk perbedaan antar kelompok. Hasil: Temuan menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan di semua kelompok, dengan kelompok video bahasa Bugis mencapai peningkatan pengetahuan tertinggi (p <0,001), diikuti oleh kelompok video bahasa Makassar (p <0,001) dan kelompok buku panduan bahasa Indonesia (p = 0,002). Kesimpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa video edukasi merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan penegetahuan terkait keterlibatan pasien dan keluarga, yang berkontribusi pada tujuan WHO Global Patient Safety Action Plan 2030. Penelitian di masa mendatang disarankan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang video edukasi terhadap keterlibatan dan pengurangan insiden, serta memperluas aksesibilitas masyarakat umum yang disesuaikan dengan budaya populasi setempat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 14 May 2025 06:10
Last Modified: 14 May 2025 06:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44714

Actions (login required)

View Item
View Item