KESADARAN MORFOLOGIS DAN KETERAMPILAN MEMAHAMI MEMBACA MAHASISWA JURUSAN BAHASA INGGRIS, UNIVERSITAS HASANUDDIN = MORPHOLOGICAL AWARENESS AND READING COMPREHENSION SKILL OF THE STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT, HASANUDDIN UNIVERSITY


Mahendra, Nyoman Galang (2024) KESADARAN MORFOLOGIS DAN KETERAMPILAN MEMAHAMI MEMBACA MAHASISWA JURUSAN BAHASA INGGRIS, UNIVERSITAS HASANUDDIN = MORPHOLOGICAL AWARENESS AND READING COMPREHENSION SKILL OF THE STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT, HASANUDDIN UNIVERSITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041191053_skripsi_10-09-2024 cover1.png

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041191053_skripsi_10-09-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (641kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041191053_skripsi_10-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041191053_skripsi_10-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Skripsi ini bertujuan untuk: (1) menganalisis sejauh mana keterampilan kesadaran morfologi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dalam memahami struktur kata, prefiks, sufiks, dan akar kata; dan (2) menganalisis tingkat kemampuan pemahaman membaca di antara mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas Hasanuddin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan memanfaatkan berbagai tes untuk menilai secara komprehensif kesadaran morfologi dan keterampilan pemahaman membaca. Data diperoleh dari evaluasi kompetensi linguistik mahasiswa semester tiga di Universitas Hasanuddin dengan menggunakan pertanyaan multi-jawaban untuk setiap kesadaran morfologi dan pemahaman membaca. Hasil penelitian memperlihatkan keterampilan kesadaran morfologi peserta, terutama dalam mendekode struktur kata seperti prefiks, sufiks, dan akar kata dari 13 item pertanyaan dalam tes kesadaran morfologi yang menghasilkan skor keseluruhan 89,40% untuk tes kesadaran morfologi. Hasil ini dapat dikategorikan sebagai tingkat keterampilan yang baik, yang menunjukkan tingkat pemahaman responden terhadap struktur kata dan kesadaran morfologi. Adapun hasil pemahaman membaca, dihitung dari 12 item pertanyaan untuk menentukan keterampilan pemahaman membaca siswa, terdapat skor keseluruhan sebesar 86,3% yang dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki keterampilan pemahaman membaca yang baik untuk memahami dan menafsirkan teks-teks kompleks dalam konteks akademik.

Keyword : kesadaran morfologis, pemahaman membaca, kemahiran bahasa

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Morphological awareness, reading comprehension, language proficiency.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 14 May 2025 05:28
Last Modified: 14 May 2025 05:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44694

Actions (login required)

View Item
View Item