Arahan Kebijakan Peningkatan Fasilitas Pelayanan Terminal Tipe A Lumpue Berdasarkan Standar Pelayanan dan Aspirasi Pengguna Jasa di Kota Pare- Pare


Hidayatulah. M, Hidayatulah. M (2025) Arahan Kebijakan Peningkatan Fasilitas Pelayanan Terminal Tipe A Lumpue Berdasarkan Standar Pelayanan dan Aspirasi Pengguna Jasa di Kota Pare- Pare. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of P052202001_tesis_15-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
P052202001_tesis_15-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of P052202001_tesis_15-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
P052202001_tesis_15-10-2024 cover1.jpg

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of P052202001_tesis_15-10-2024 dp.pdf] Text
P052202001_tesis_15-10-2024 dp.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of P052202001_tesis_15-10-2024.pdf] Text
P052202001_tesis_15-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Hidayatullah M. P052202001. “Arahan Kebijakan Peningkatan Fasilitas Pelayanan Terminal Tipe A Lumpue Berdasarkan Standar Pelayanan dan Aspirasi Pengguna Jasa di Kota Pare- Pare” dibimbing oleh Arifuddin Akil sebagai Pembimbing Utama dan Andi Bachtiar Arief sebagai Pembimbing Anggota

Terminal merupakan prasarana transportasi sebagai tempat pemberhentian, menurunkan dan menaikkan penumpang maupun barang secara resmi. Terminal perlu ditunjang beberapa fasilitas pelayanan utama maupun pendukung. Penelitian ini bertujuan: (1) menjelaskan kondisi fasilitas pelayanan dalam terminal tipe A Lumpue Kota Parepare; (2) mengetahui tingkat pelayanan terminal tipe A Lumpue kota Parepare dan aspirasi pengguna jasa; (3) menentukan arahan kebijakan terhadap pelayanan terminal sesuai standar pelayanan penyelenggaraan terminal. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan secara kualitatif dan kuantitatif. Untuk menguraikan kondisi fasilitas pelayanan dan daya kecukupan pelayanan terminal dilakukan metode observasi lapangan dan wawancara langsung, termasuk mengidentifikasi aspirasi pemberi layanan serta aspirasi pengguna jasa terhadap fasilitas pelayanan dengan cara pengedaran kuesioner. Untuk mengetahui tingkat pelayanan terminal, dilakukan analisis data yang diperoleh dengan teknik Importance Performance Analysis (IPA). Selanjutnya penentuan arahan kebijakan pelayanan terminal dilakukan dengan analisis kualitatif dengan mengacu pada hasil analisis IPA dengan cara menentukan solusi relevan terhadap tingkat kebutuhan yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fasilitas pelayanan utama maupun penunjang terminal tipe A Lumpue Kota Parepare secara umum dalam kondisi baik (sesuai Permen No. 21 tahun 2021), namun terdapat beberapa fasilitas yang sangat rendah kualitasnya diantaranya tidak terdapat ruang informasi dan pengaduan, ruang makan/kantin yang tidak bersih dan belum dilengkapi toilet. Adapun fasilitas yang dianggap bagus antara lain pelayanan parkir pengunjung, tempat naik/turun penumpang, tersedia fasilitas difabel, dan kemudahan fasilitas transportasi. Berdasarkan analisis IPA, tingkat pelayanan fasilitas terminal terhadap pengguna jasa yang dianggap sangat penting untuk diperhatikan (terdapat pada Kuadran I) antara lain ruang tunggu penumpang/pengantar yang tidak nyaman, pos keamanan tidak ada, minim fasilitas dan petugas kesehatan, serta fasilitas toilet yang tidak sesuai standar. Walaupun RTRW Kota Parepare mengarahkan agar terminal tipe A Lumpue akan disinergikan secara terpadu dengan stasiun kereta api, namun kenyataannya belum dapat terwujud hingga saat ini. Fasilitas yang tetap perlu dipertahankan (Kuadran II) antara lain jadwal kedatangan/keberangkatan, loket penjualan tiket, kantor pelayanan dan sistem informasi. Adapun arahan kebijakan pelayanan terminal antara lain, direkomendasikan meningkatkan/membangun beberapa fasilitas penunjang seperti ruang tunggu, pos keamanan, dan fasilitas kesehatan, penetapan jadwal operasional kedatangan dan keberangkatan kendaraaan secara tertulis, demikian pula perlunya penyediaan loket penjualan tiket yang memadai, kantor penyelenggara yang refresentatif, penyediaan papan informasi di dalam terminal, serta kemudahan mencapai lokasi terminal dari kawasan kota atau sebaliknya berupa angkutan kota. Diharapkan ke depan dilakukan peningkatan layanan terminal sesuai arahan RTRW berupa pengembangan jaringan jalan kota yang terpadu antara prasarana terminal, stasiun kereta api dan Pelabuhan secara sinergis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Manajemen Perkotaan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 08 May 2025 02:19
Last Modified: 08 May 2025 02:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44556

Actions (login required)

View Item
View Item