Widya, Amalia Usdir (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan di Kebun Binatang Konservasi Citra Satwa Celebes Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of M011201131_skripsi_12-11-2024 BAB 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011201131_skripsi_12-11-2024 BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of M011201131_skripsi_12-11-2024 COVER1.jpg]](/44555/2.hassmallThumbnailVersion/M011201131_skripsi_12-11-2024%20COVER1.jpg)

M011201131_skripsi_12-11-2024 COVER1.jpg
Download (170kB) | Preview
![[thumbnail of M011201131_skripsi_12-11-2024 DP.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011201131_skripsi_12-11-2024 DP.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of M011201131_skripsi_12-11-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011201131_skripsi_12-11-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Kepuasan pengunjung adalah suatu tingkatan di mana keinginan, kebutuhan serta harapan dari pengunjung/pelanggan dapat terpenuhi yang menyebabkan terjadinya kesetiaan yang berkelanjutan. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung di KBKCSC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung/tamu terhadap kualitas pelayanan di Kebun Binatang Konservasi Citra Satwa Celebes, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. Kegunaan dari penelitian ini adalah membantu pengelola KBKCSC untuk mengoptimalkan sistem pelayanannya melalui persepsi tingkat kepuasan pengunjung/tamu yang mengunjungi KBKCSC. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. lokasi penelitian ini terletak di Kebun Binatang Konservasi Citra Satwa Celebes, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan total sampel sebanyak 125 responden. Variabel penelitian yang digunakan adalah profil responden, bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan. Jenis data yang digunakan adalah observasi dan kuesnioner penelitian e-questionnaire (google form) serta data sekunder dari studi literatur. Teknik analisis data menggunakan skala likert untuk mengukur Indeks Kepuasan Pengunjung. Hasil temuan penelitian menunjukkan Secara umum pengunjung objek wisata KBKCSC sudah sangat puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengelola KBKCSC yaitu pada tingkat 82,72%. Namun persentase dimensi yang paling rendah dibandingkan dimensi lainnya adalah dimensi empati. Dimensi ini perlu mendapatkan perhatian lebih khusus dari pengelola untuk meningkatkan kualitas interaksi yang lebih personal dan peduli terhadap kebutuhan pengunjung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SD Forestry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kehutanan > Kehutanan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:16 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44555 |