ANALISIS PEMASARAN KAKAO DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM MEMILIH SALURAN PEMASARAN DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR


Muh. Rasyidin, Muh. Rasyidin (2025) ANALISIS PEMASARAN KAKAO DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM MEMILIH SALURAN PEMASARAN DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of P042221028_tesis_14-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
P042221028_tesis_14-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of P042221028_tesis_14-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
P042221028_tesis_14-10-2024 cover1.jpg

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of P042221028_tesis_14-10-2024 dp.pdf] Text
P042221028_tesis_14-10-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of P042221028_tesis_14-10-2024.pdf] Text
P042221028_tesis_14-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Rasyidin. Analisis Pemasaran Kakao Dan Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Dalam Memilih Saluran Pemasaran di Kabupaten Polewali Mandar (dibimbing oleh Muhammad Arsyad dan Ade Rosmana)

Latar Belakang: Adanya perbedaan harga antara petani kakao dan konsumen akhir diduga disebabkan adanya keterlibatan lembaga pemasaran pada setiap saluran pemasaran kakao. Hal ini mengakibatkan petani memiliki pertimbangan dalam memilih saluran pemasaran dalam memasarkan hasil panen kakao. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola saluran pemasaran kakao, margin pemasaran, pola pengambilan keputusan petani serta faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan petani kakao dalam memilih saluran pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden yang terdiri dari 97 petani dan 11 informan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis deskriptif digunakan untuk menjawab tujuan pertama dan ketiga. Untuk menjawab tujuan kedua dan keempat dianalisis menggunakan margin pemasaran dan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukan terdapat enam pola pemasaran yaitu 1) petani – pedagang desa – pedagang kecamatan – pedagang kabupaten – pedagang luar provinsi 2) petani – pedagang kecamatan – pedagang kabupaten – pedagang luar provinsi 3) petani – pedagang desa – pedagang kabupaten – pedagang luar provinsi 4) petani – pedagang kabupaten – pedagang provinsi 5) petani – kelompok tani – perusahaan – eksportir 6) petani – perusahaan – eksportir, jika dilihat dari kriteria margin pemasaran saluran pemasaran keenam memiliki total margin pemasaran yang paling rendah sebesar Rp. 2000/kg dengan nilai farmer’s share sebesar 96.36% serta nilai efisiensi pemasaran sebesar 0,89%. Hasil nilai persentase pola pengambilan keputusan petani kakao dalam memilih saluran pemasaran didominasi oleh peran istri petani. Sementara faktor – faktor yang berpengaruh secara parsial dalam memilih saluran pemasaran yaitu usia, jumlah anggota keluarga, jumlah produksi, keanggotan kelompok tani, sumber pendapatan lain, frekuensi mengikuti kegiatan penyuluhan dan keterikatan modal pada lembaga pemasaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 08 May 2025 02:05
Last Modified: 08 May 2025 02:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44552

Actions (login required)

View Item
View Item