Strategi Pengembangan Usaha Dimsum Tetelan Kerapu (Studi Kasus: Kota Makassar)


Ayu, Widyarzih (2025) Strategi Pengembangan Usaha Dimsum Tetelan Kerapu (Studi Kasus: Kota Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of L041181311_skripsi_07-11-2024 BAB 1-2.pdf] Text
L041181311_skripsi_07-11-2024 BAB 1-2.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of L041181311_skripsi_07-11-2024 COVER1.jpg]
Preview
Image
L041181311_skripsi_07-11-2024 COVER1.jpg

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of L041181311_skripsi_07-11-2024 DP.pdf] Text
L041181311_skripsi_07-11-2024 DP.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of L041181311_skripsi_07-11-2024.pdf] Text
L041181311_skripsi_07-11-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

AYU WIDYARZIH. “Strategi Pengembangan Usaha Dimsum Tetelan Kerapu (Studi Kasus: Kota Makassar)” (dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Mardiana E Fachry., M.S.).
Usaha Dimsum Tetelan Kerapu adalah sebuah kelompok usaha bersama yang mengubah Tetelan Ikan Kerapu Expor menjadi produk siap konsumsi. Usaha ini mempunyai keunggulan yang penting dalam pengembangan bisnisnya di Makassar, terutama dalam melakukan inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha Dimsum Tetelan Kerapu di Kota Makassar serta kendala yang dihadapi dalam pengembangannya. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli 2024 di jalan KH. Abd. Jabbar Ashiry, Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah skala likert dengan sistem skoring untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pengembangan usaha serta analisi SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh usaha ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Dimsum Tetelan Kerapu mengalami kendala pada proses produksi, tenaga kerja, dan saluran pemasaran serta indikator penjualan yang cukup terkendala. Dan strategi pengembangan yang disarankan yaitu strategi SO dengan menggunakan ketersediaan bahan baku yang mudah didapatkan dan inovasi produk dari limbah untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi dan Memanfaatkan harga yang kompatibel dengan konsumen dan dukungan penyuluh perikanan untuk memperluas pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 08 May 2025 02:00
Last Modified: 08 May 2025 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44549

Actions (login required)

View Item
View Item