Evaluasi Usability Pelayanan Publik Berbasis Digital Aplikasi JAKI (Jakarta Kini) Di Kec. Cilincing Jakarta Utara = Evaluation Of The Usability of Digital Public Services of The JAKI (Jakarta Kini) Application in Cilincing District, North Jakarta.


Syahrani, Putri Eka (2024) Evaluasi Usability Pelayanan Publik Berbasis Digital Aplikasi JAKI (Jakarta Kini) Di Kec. Cilincing Jakarta Utara = Evaluation Of The Usability of Digital Public Services of The JAKI (Jakarta Kini) Application in Cilincing District, North Jakarta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of E011211025_skripsi_31-12-2024  bab 1-2.pdf] Text
E011211025_skripsi_31-12-2024 bab 1-2.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of E011211025_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E011211025_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of E011211025_skripsi_31-12-2024 dp.pdf] Text
E011211025_skripsi_31-12-2024 dp.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of E011211025_skripsi_31-12-2024.pdf] Text
E011211025_skripsi_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kegunaan (usability) aplikasi JAKI (Jakarta Kini) di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, dengan menggunakan metode pengukuran System Usability Scale (SUS). Analisis difokuskan pada lima aspek utama usability, meliputi kemudahan belajar (learnability), efisiensi penggunaan (efficiency), kemudahan mengingat (memorability), tingkat kesalahan (errors), dan kepuasan pengguna (satisfication). Data penelitian diperoleh melalui
survey menggunakan kuesioner yang terdiri dari 10 pernyataan, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif.
Hasill penelitian menunjukkan bahwa indikator learnability memiliki skor rata – rata tertinggi sebesar 65% yang mengindikasikan bahwa aplikasi JAKI cukup mudah dipelajari. Indikator efficiency memperoleh rata – rata skor sebesar 62,5% yang
menunjukkan tingkat integrasi fitur dalam aplikasi sudah baik dalam meningkatkan efisiensi namun membutuhkan peningkatan dalam aksesibilitas layanan. Indikator memorability memiliki rata – rata skor sebesar 67% yang mencerminkan
kemudahan pengguna dalam mengingat cara penggunaan aplikasi. Pada indikator errors menunjukkan beberapa kelemahan dengan rata – rata skor tertinggi 86%, khususnya pada tingkat kerumitan yang mengakibatkan tingginya kurva
pembelajaran. Terakhir indikator satisfication memperoleh rata – rata skor sebesar 70%, yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna cukup tinggi dan adanya potensi keberlanjutan penggunaan aplikasi.

Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi JAKI di Kec. Cilincing telah memberikan kontribusi positif dalam penyediaan layanan publik berbasis digital, namun terdapat tantangan terkait kemudahan penggunaan dan konsistensi fitur yang perlu diperbaiki. Rekomendasi diberikan untuk menyederhanaakan cara kerja penggunaan dalam aplikasi, meningkatkan panduan pengguna, dan memperkuat pengalaman pengguna agar lebih inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: usability, aplikasi JAKI, System Usability Scale (SUS), pelayanan publik digital, E-government
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 16 Apr 2025 00:45
Last Modified: 16 Apr 2025 00:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44349

Actions (login required)

View Item
View Item