Syahbani, Andi Feninda Amalia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI VISUAL BUKU ANAK “PETUALANGAN ONDING” TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TK PGKG NOBEL MAKASSAR = THE EFFECT OF USING VISUAL COMMUNICATION LEARNING MEDIA FOR CHILDREN'S BOOKS "PETUALANGAN ONDING” ON THE COGNITIVE ABILITIES OF CHILDREN AT TK PGKG NOBEL MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of E022222019_tesis_15-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222019_tesis_15-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (12MB)
![[thumbnail of E022222019_tesis_15-10-2024 cover1.jpg]](/44232/2.hassmallThumbnailVersion/E022222019_tesis_15-10-2024%20cover1.jpg)

E022222019_tesis_15-10-2024 cover1.jpg
Download (249kB) | Preview
![[thumbnail of E022222019_tesis_15-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222019_tesis_15-10-2024 dp.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of E022222019_tesis_15-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222019_tesis_15-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2027.
Download (20MB)
Abstract (Abstrak)
Ketika anak memasuki fase Golden Age, buku cerita bergambar yang mengandung nilai-nilai Bugis Sipakatau, Sipakainge', dan Sipakalebbi yang erat kaitannya dengan pendidikan karakter dapat menjadi salah satu media untuk mengembangkan aspek kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh buku cerita terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK PGKG Nobel Makassar. Penelitian berlangsung pada bulan April - Mei 2024 menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak yang berjumlah 54 anak di KG. PGKG Nobel Makassar. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh 32 anak dengan kategori kelas eksperimen dan kelas kontrol (n = 32). Variabel (X) dalam penelitian ini adalah buku "Petualangan Onding: Mengenalkan Sipakatau, Sipakainge', dan Sipakalebbi", dan variabel (Y) adalah perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan Pre-Test dan Post-Test yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang literasi visual dan nilai/sikap. Data dikumpulkan dengan menggunakan distribusi frekuensi, mean, dan standar deviasi, serta pengujisn normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan Uji-T Berpasangan serta Uji-T Independen (α = 5%). Hasil: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek kognitif anak setelah dibacakan buku cerita bergambar. Rata-rata sebelum dan sesudah intervensi yaitu 11,06 menjadi 13,19, dan nilai p-value = <.001. (2) Perkembangan kognitif pada kelas kontrol juga mengalami perubahan. Rata-rata sebelum dan sesudah intervensi yaitu 10,38 menjadi 11,13 dan nilai p-value = 0,035. (3) terdapat perbedaan yang signifikan terkait kemampuan kognitif antara anak yang menggunakan buku dengan anak yang tidak menggunakan buku, yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dengan nilai p = <.001. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku "Petualangan Onding: Mengenalkan Sipakatau, Sipakainge', dan Sipakalebbi" dapat mempengaruhi perkembangan aspek kognitif anak melalui pembelajaran nilai-nilai budaya Bugis, Sulawesi Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Kognitif; Nilai-nilai Bugis; Desain Komunikasi Visual; Buku Cerita Bergambar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:16 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44232 |