Muhlis, Muhammad (2025) Studi Impact Pressure Pada Linggi Haluan Dengan Berbagai Sudut Melalui Percobaan Model. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D031201021_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201021_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of D031201021_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg]](/44212/2.hassmallThumbnailVersion/D031201021_skripsi_15-10-2024%20cover1.jpg)

D031201021_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg
Download (283kB) | Preview
![[thumbnail of D031201021_skripsi_15-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201021_skripsi_15-10-2024 dp.pdf
Download (397kB)
![[thumbnail of D031201021_skripsi_15-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201021_skripsi_15-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2027.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Linggi haluan, sebagai bagian integral dari desain kapal, memiliki dampak signifikan terhadap performa hidrodinamika kapal. Pemahaman mendalam tentang desain linggi haluan digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional kapal, mengoptimalkan desain, dan pada gilirannya, meningkatkan keselamatan pelayaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak tekanan pada linggi haluan dengan berbagai sudut melalui percobaan model. Besar tekanan yang ditinjau berdasarkan sudut jatuhnya kapal saat dilakukan pengujian model yakni 5 derajat dan 15 derajat, sedangkan sudut linggi haluan pada kapal yakni 52 derajat ,57 derajat , dan 62 derajat, dropping test dilakukan dengan menjatuhkan kapal dari ketinggian 30 cm. Analisis besar tekanan pada linggi haluan kapal dilakukan dengan pengujian model yakni dropping test dengan menggunakan sensor loadcell. Nilai tekanan maksimum pada masing-masing sudut linggi haluan dan sudut jatuh terjadi pada sensor 1, dikarenakan sensor 1 merupakan sensor yang pertama menyentuh permukaan air. Adapun kesimpulan yang didapatkan yaitu nilai tekanan terbesar terjadi pada sudut linggi haluan 52 derajat dan nilai tekanan terkecil terjadi pada sudut 62 derajat hal ini menandakan bahwa semakin kecil sudut linggi haluan pada kapal maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar, begitupun sebaliknya semakin besar sudut linggi haluan maka tekanan yang terjadi akan semakin kecil. Serta nilai tekanan terbesar terjadi pada sudut jatuh 5 derajat dan nilai tekanan terkecil terjadi pada sudut jatuh 15 derajat hal ini menandakan pula semakin kecil sudut jatuh maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar, begitupun sebaliknya semakin besar sudut jatuh maka tekanan yang terjadi akan semakin kecil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:59 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 01:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44212 |