Wicaksono, Arian (2025) IMPLEMENTASI CHATBOT PADA WEB PROFIL DEPARTEMEN MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS: DEPARTEMEN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASANUDDIN) = IMPLEMENTATION OF A CHATBOT ON THE DEPARTMENTAL PROFILE WEBSITE USING THE NATURAL LANGUAGE PROCESSING METHOD (CASE STUDY: DEPARTMENT OF INFORMATICS ENGINEERING FACULTY OF ENGINEERING HASANUDDIN UNIVERSITY). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D121181009_skripsi_07-01-2025 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D121181009_skripsi_07-01-2025 bab 1-2.pdf
Download (971kB)
![[thumbnail of D121181009_skripsi_07-01-2025 cover1.jpg]](/44104/2.hassmallThumbnailVersion/D121181009_skripsi_07-01-2025%20cover1.jpg)

D121181009_skripsi_07-01-2025 cover1.jpg
Download (287kB) | Preview
![[thumbnail of D121181009_skripsi_07-01-2025 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D121181009_skripsi_07-01-2025 dp.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of D121181009_skripsi_07-01-2025.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D121181009_skripsi_07-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2027.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan chatbot pada website Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, dengan menggunakan metode Natural Language Processing (NLP). Chatbot ini dirancang agar mampu menyediakan respons yang akurat dan relevan terhadap berbagai pertanyaan pengguna, sehingga memudahkan akses informasi terkait layanan departemen secara efisien.
Tahapan pengembangan chatbot meliputi pengumpulan dan pemrosesan data, serta pelatihan model dengan metode neural network untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bahasa. Setelah pengembangan selesai, chatbot diuji melalui berbagai skenario untuk menilai fungsionalitas sistem dan penerimaan pengguna.
Hasil dari pengujian Black Box Testing menunjukkan bahwa chatbot memiliki tingkat validasi mencapai 96%. Selain itu, dari User Acceptance Testing (UAT), chatbot memperoleh skor kepuasan sebesar 85,36% berdasarkan respons dari 50 responden.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Natural Language Processing, Neural Network, Black Box Testing, User Acceptance Testing, Website Departemen Teknik Informatika. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:37 |
Last Modified: | 07 May 2025 06:55 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44104 |